SUNDANCE FILM FESTIVAL ASIA 2022

Sundance Film Festival Asia tahun ini adalah kali kedua. Dan rencananya akan diadakan pada tanggal 25 sampai 28 Agustus Tahun 2022 di Jakarta. Kabar gembiranya bahwa acara ini akan diadakan secara offline sehingga penonton bisa hadir minyak menikmati pemutaran film, menyaksikan diskusi panel dan berbagai rangkaian acara yang dirancang khusus untuk audiens Indonesia. Tunggu saja pengumumannya pada pertengahan tahun ini..

Sundance film festival Asia ini adalah persembahan dari Sundanese Institute dan XRM media yang didukung oleh IDN Media. Festival Director Sundance Film Festival yaitu Tabita Jackson mengatakan bahwa mereka sangat senang bisa kembali bekerja sama dengan XRM media dalam mengadakan festival ini di Jakarta yang akan digelar secara offline. Ini merupakan kesempatan berharga untuk membagikan film-film independen favorit mereka kepada penonton di Indonesia.

William Utomo Chief Operating Officer IDN media juga menambahkan bahwa mereka sangat antusias untuk menghadirkan sundance film festival Asia secara offline, dan tentunya tetap memberikan yang terbaik untuk para pecinta film di Indonesia. Mereka berharap festival ini bisa terus menjadi platform yang mendukung kemajuan industri film. Sedangkan Mike Plante Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival mengatakan bahwa tak hanya berhenti di Sundance Film Festival yang diadakan Januari lalu, mereka juga terus mencari karya film pendek dari filmmaker di seluruh dunia. Tahun lalu ketika kompetisi film ini diadakan dan berjalan sangat sukses, mereka mengagumi banyak karya-karya yang didaftarkan. Ada 10 karya terbaik ditampilkan di Sundance Asia dan 2 karya terpilih ditayangkan di Sundance Film Festival pada Januari lalu. Mereka berharap dan sangat antusias bahwa akan bisa melihat lebih banyak lagi karya-karya pada kompetisi tahun ini.

Bila kalian berminat untuk mendaftarkan film pendek kalian maka syaratnya adalah sebagai berikut:

1.Karya yang dikumpulkan adalah karya yang sudah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020.

2. Durasi film selama 3 sampai 20 menit

3. Pendaftaran dibuka mulai 18 April sampai 31 Mei 2002

4. Terbuka untuk semua warga negara Indonesia berusia 18 tahun keatas baik yang tinggal di dalam maupun di luar negeri.

Sedangkan yang menjadi dewan juri merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Picture dan Argo yang akan mengkurasi film-film pendek dari seluruh pendaftar yang masuk. Dewan juri ini juga akan memilih pemenang penghargaan Jury Award yang akan menerima hadiah 2000 Dolar AS yang disponsori oleh Argo. Dan Dewan Jurinya adalah sebagai berikut :
1. Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
3. Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival
4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Serunya lagi film pendek yang terpilih akan ditayangkan di platform Argo saat Sundance film festival Asia 2022 bulan Agustus nanti. Dan juga akan didistribusikan secara global melalui platform Argo setelah festival berlangsung. Selain itu mereka juga akan berkesempatan mengikuti seleksi untuk tayangkan di Sundance Film Festival 2023.

Untuk informasi mengenai cara pendaftaran serta syarat dan ketentuan bisa dilihat melalui website https://SundanceFilmFestivalAsia.org atau halaman Film Freeway kami di https://filmfreeway.com/SundanceAsia

Atau ikuti media sosial mereka untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Sundance Film Festival: Asia 2022:
Instagram @SundanceFFAsia
TikTok @SundanceFFAsia

Selamat berpartisipasi yaa.. Semoga semakin banyak film-film bagus yang tercipta dari festival ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *