Bau Badan Menyengat? Ini Solusinya!

| |

Siapa sih yang pede kalau punya bau badan menyengat? Gak mungkin ya, Mak! Dikatakan menyengat, tentu aromanya bikin hidung tidak nyaman. Entah karena terlalu tidak enak, atau bercampur antara parfum dan keringat.

Bahkan saat Mamak di rumah sekalipun, bisa membuat anggota keluarga enggan mendekat. Daripada merusak mood sendiri dan orang lain, lebih baik bau badan yang tidak enak segera diatasi. Caranya? Simak ulasannya sampai tuntas ya, Mak.

bau badan menyengat
People photo created by wayhomestudio – www.freepik.com

Penyebab Bau Badan Menyengat

Sebelum mencari tahu cara mengatasi bau badan, ada baiknya diketahui pula apa saja penyebabnya. Dengan demikian, Mamak bisa menghindari faktor tsb, sehingga lebih memudahkan untuk mengatasi masalah bau badan menyengat.

1. Enggan membersihkan diri.

Meski mandi merupakan kegiatan yang umum dilakukan, nyatanya banyak orang yang enggan melakukannya. Keringat dan permukaan kulit yang lembab memicu perkembangbiakan mikroorganisme yang dapat menyebabkan bau badan.

Rutin mandi dua kali sehari cukup untuk membersihkan tubuh. Tak perlu berlebihan juga Mak, agar kelembaban kulit tetap terjaga.

2. Jarang mengganti pakaian.

Bakteri penyebab bau badan akan tertinggal di pakaian yang Mamak kenakan, itulah sebabnya kita harus mencucinya. Mengenakan ulang pakaian yang belum dicuci hanya akan mempertemukan kembali mikroorganisme tersebut ke kulit.

3. Obesitas.

Tumpukan lemak rentan menjadi tempat berkembangnya mikroorganisme. Orang bertubuh gemuk memiliki lebih banyak lipatan tubuh yang mudah lembab dan sulit dibersihkan. Itulah kenapa orang gemuk cenderung lebih “beraroma” daripada orang kurus.

4. Infeksi kulit.

Berbagai infeksi kulit seperti trichomycosis axillaris (infeksi bakteri pada folikel rambut ketiak), eritrasma (infeksi kulit karena bakteri), dan intertrigo (ruam pada lipatan kulit) bisa menyebabkan bau tak sedap.

Jika Mamak mengalami infeksi kulit, sebaiknya segera diatasi agar tidak menambah masalah lainnya, seperti bau badan menyengat.

5. Toksin dan gangguan kesehatan.

Racun pada tubuh yang terlalu banyak, stres, dan gangguan kesehatan lainnya dapat pula memengaruhi bau badan seseorang. Rajinlah mengonsumsi sayur dan buah untuk membantu organ dalam tubuh membersihkan diri dari racun-racun berbahaya.

bau badan menyengat
Photo by Lindsay Moe on Unsplash

Cara Menghilangkan Bau Badan Menyengat

Kebanyakan sumber bau badan menyengat adalah ketiak, baik sebelah kanan maupun kiri. Jadi setelah mencegah penyebabnya, Mamak bisa mencoba dengan “membereskan” bagian ketiak lebih dulu.

1. Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis.

Cukup dengan menggosokkan potongan jeruk nipis ke ketiak seperti Mamak mengaplikasikan deodorant, lakukan secara rutin setiap habis mandi agar bau ketiak hilang permanen. Jeruk nipis mengandung vitamin C, asam sitrat, kalium, besi, dll.

2. Cara menghilangkan bau badan dengan garam.

Mamak tentu sering dengar tentang kemampuan garam dalam hal membunuh bakteri. Kali ini kita bisa memanfaatkannya untuk membasmi bakteri penyebab bau menyengat di ketiak.

Campurkan sejumput garam dan air secukupnya, oleskan pada ketiak. Lakukan rutin pada waktu yang bisa Mamak sesuaikan dengan aktivitas sehari-hari.

3. Minuman penghilang bau badan.

Selain dengan pengobatan luar, Mamak juga bisa mengatasi bau badan menyengat dari dalam, yakni dengan minuman penghilang bau badan. Berikut di antaranya:

Air daun beluntas.

Rebus daun beluntas, minum airnya. Lakukan sehari dua kali. Selain ampuh menghilangkan bau badan, daun beluntas juga dipercaya sebagai obat rematik, bau mulut, sampai menjaga kesehatan rahim.

Teh kemangi.

Mamak bisa membuatnya sendiri dengan menjemur daun kemangi hingga kering. Lalu tumbuk dan seduh seperti membuat teh biasa. Minum dua kali sehari untuk mendapatkan efek antiseptic dari kemangi. Selain dijadikan teh, menjadikan kemangi sebagai lalapan rutin juga memberi manfaat yang sama.

Wedang jahe.

Siapa sangka, minuman penghangat tubuh ini juga termasuk dalam daftar minuman penghilang bau badan. Minyak atsiri pada jahe memiliki manfaat yang besar bagi tubuh, termasuk mengurangi bau badan menyengat.

Baca juga:

Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering

Setelah membaca ulasan di atas, seharusnya tidak sulit kan Mak mengatasi bau badan menyengat. Selain usaha yang rutin, diperlukan juga kesabaran untuk mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba, Mak!

Previous

5 Langkah Ampuh Agar Anak Tidak Takut Gelap

5 Resep Sambal untuk Ayam Goreng, Pasti Enak!

Next

Leave a Comment