Mamak Cantik

Cara Ampuh Menghilangkan Keriput di Jidat

Memiliki keriput di jidat atau dahi memang menyebalkan, ya, Mak! Wajah jadi terlihat jauh lebih tua. Apalagi jika keriput tersebut berwarna kehitaman, atau terlihat permanen walau Mamak tidak sedang mengerutkan kening.Keriput terjadi karena berkurangnya elastisitas kulit.

Seiring bertambahnya usia, kadar air dan kolagen dalam kulit juga berkurang. Karena itulah kulit menjadi kendor, dan keriput pun muncul. Selain muncul dengan kerut-kerut yang mengganggu, tanda penuaan di wajah juga seringkali muncul sebagai garis hitam di dahi. Bukan hanya membuat wajah terlihat tua, juga memberi kesan lelah.

Tapi Mamak jangan khawatir, karena keriput di jidat ternyata bisa dihilangkan dengan beberapa cara ampuh di bawah ini.

Hindari Stres dan Begadang

Stres dan begadang adalah dua momok bagi kecantikan wajah. Begadang akan membuat Mamak kurang tidur. Padahal tidur selama 6-8 jam sehari akan membuat tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mengganti sel-sel yang rusak.

Saat tidur, tubuh memproduksi HGH atau Human Growth Hormone. Hormon ini membantu memperbaiki sel yang rusak dan mengganti sel yang tua. Termasuk sel-sel kulit wajah, sehingga dapat mencegah keriput terjadi.

Stres  juga harus dikelola dengan baik. Terlalu banyak pikiran akan  membuat Mamak secara tidak sadar sering mengerutkan kening dan mata. Gerakan ini akan menambah keriput di sekitar kening dan wajah. Stres juga menyebabkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari radikal bebas, penyebab penuaan dini, menurun.

Konsumsi Makanan Tinggi Protein dan Vitamin

Cara Ampuh Menghilangkan Keriput di Jidat

kompas.com

Protein membantu tubuh meremajakan sel-sel yang telah tua, rusak dan mati. Sementara vitamin memperkuat daya tahan tubuh  melawan radikal bebas dan mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan zat yang mampu menambah kolagen dalam kulit dan mencegah penuaan dini. Termasuk mencegah dan mengurangi keriput.

Daging tanpa lemak, ikan, yoghurt, susu, dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang bagus. Almond dan kedelai memiliki isoflavon yang bagus untuk peremajaan sel. Sementara aneka buah-buahan dan sayur-sayuran, sudah pasti mengandung vitamin yang tinggi.

Bayam, tomat, dan blueberry adalah tiga dari sekian banyak jenis sayur dan buah yang mengandung antioksidan tinggi. Tomat yang dimasak mengandung likopen yang lebih tinggi dari tomat segar. Likopen tidak hanya berguna untuk melawan kanker, tapi juga membuat kulit lebih putih, kenyal, halus, dan lembut.

Pilihan lainnya adalah pepaya, yang selain kaya akan vitamin A, C, dan kalium, juga mengandung papain. Papain adalah zat gizi yang hanya dimiliki oleh pepaya, yang berguna untuk membantu memproduksi kolagen dan meremajakan kulit.

Jangan Tidur Tengkurap

Saran ini memang terkesan mengada-ada. Apa hubungan sebenarnya antara posisi tidur dan kerutan? Ternyata memang ada. Tidur tengkurap akan membuat wajah Mamak tertekan ke bantal. Selain mengakibatkan wajah dihias garis-garis tidur, gravitasi bumi juga menarik kulit wajah ke bawah. Akibatnya, kulit akan kendur dan terlihat lebih tua.

Selain untuk wajah, posisi tengkurap juga tidak baik untuk kesehatan secara umum. Terutama untuk tulang belakang. Tekanan dan posisi tidur tengkurap membuat tulang belakang lebih lelah dan mengakibatkan pegal, capek, hingga nyeri dan ngilu.

Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Sinar matahari baik untuk tubuh, terutama di masa pandemi ketika Covid-19 menyerang saat ini. Tapi jangan berlebihan ya, Mak! Sinar matahari di siang yang terik tidak baik bagi kesehatan kulit. Selain mengakibatkan bintik hitam di wajah, sinar matahari juga membuat wajah terlihat kusam dan kering. Membuat keriput cepat mampir ke kulit wajah Mamak.

Jika memang harus berpanas-panasan, jangan lupa memakai tabir surya dan menggunakan kacamata hitam, agar mata tidak mengernyit terlalu lama. kebiasaan mengerutkan mata dan kening akan membuat garis-garis halus di sekitar mata semakin banyak.

Lakukan Senam Wajah

Senam wajah tidak memerlukan waktu yang lama dalam pelaksanaannya. Tidak memerlukan alat yang ribet juga, kok. Mamak bisa melakukannya sambil memakai krim wajah, sebelum tidur atau kapan pun Mak inginkan. Caranya melakukan senam wajah:

  • Letakkan ujung-ujung jari di tengah dahi atau di antara dua alis. Lalu tarik secara horizontal ke arah kanan dan kiri. Ulangi beberapa kali. Gerakan ini merupakan cara menghilangkan kerutan di atas alis yang praktis.
  • Selanjutnya, kembali letakkan ujung-ujung jari di atas barisan alis, lalu tarik vertikal ke arah anak rambut, dan ulangi beberapa kali.
  • Letakkan ujung jari di area yang memiliki kerutan, lalu pijat lembut dengan gerakan melingkar.
  • Terakhir, letakkan kedua telapak tangan di kedua sisi dahi, lalu tarik ke arah kanan dan kiri. Tahan beberapa detik, lepaskan dan ulangi lagi. Gerakan ini membantu kulit wajah tetap kencang.

Jangan Malas Memakai Krim Wajah

Krim dan serum wajah merupakan nutrisi penting untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit. Jangan absen atau malas menggunakannya walaupun Mamak sedang di rumah saja. FYI, sinar matahari yang membias ke dalam ruangan tetap berpotensi mengganggu kulit. Krim juga akan memberi efek lembut dan nyaman di kulit, serta membantu mengurangi keriput.

Untuk Mamak yang berusia 30 tahun ke atas, serum relatif lebih menunjukkan efek positif karena lebih mudah diserap kulit. Tapi lebih baik kombinasikan dengan krim. Pakailah serum terlebih dahulu sebelum krim siang dan malam, Mak. Jika ingin keluar rumah, jangan lupa aplikasikan tabir surya agar kulit aman dari paparan sinar ultraviolet.

Jalani Perawatan ke Salon

Sesekali menjalani perawatan profesional di salon kecantikan tidak ada salahnya. Mamak akan merasa rileks dan wajah juga akan mendapat perawatan paripurna. Jika keriput cukup banyak, Mamak sebaiknya menjadwalkan waktu tetap untuk ke salon.

Minum Air Putih yang Cukup

Cara Ampuh Menghilangkan Keriput di Jidat

grid.id

Air putih selain mencegah dehidrasi juga membantu menjaga kadar air kulit agar tidak kekeringan. Kulit kering akan lebih mudah terserang keriput dan masalah kulit lainnya. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih lembut, kenyal, dan sehat. Paling tidak, minumlah delapan gelas air sehari.

Apa tidak boleh meminum minuman lainnya seperti teh atau jus? Tentu saja boleh. Teh juga memiliki antioksidan yang berguna bagi kulit, terutama teh hijau. Jus buah dan sayur menutrisi dengan vitamin, antioksidan, dan zat penting lainnya.

Hanya saja, perhatikan campurannya. Sebaiknya jangan menggunakan terlalu banyak pemanis, bahkan jika perlu tanpa pemanis sekalian. Kadar gula yang terlalu tinggi cenderung menghambat proses peremajaan sel.

Selain itu, air putih memiliki sifat melarutkan racun dan zat-zat tidak penting di dalam tubuh untuk membuangnya melalui saluran sekresi. Oksigen di dalamnya membantu darah membawa nutrisi lebih cepat ke seluruh bagian tubuh. Itu sebabnya konsumsi air putih tidak boleh kurang.

Delapan cara di atas dapat membantu Mamak menghilangkan keriput di jidat. Tidak sulit kan caranya, Mak? Hanya saja butuh ketelatenan dan konsistensi agar hasilnya terlihat maksimal. Keriput pergi, wajah terlihat jauh lebih muda. Selamat mencoba.

Leave a Comment