Cara Membuat Masker Kain Hemat Budget

| |

Masa pandemi kayak gini, masker menjadi kebutuhan terpenting yang tiba-tiba ada di list belanja Mamak. Daripada beli, bagaimana kalau bikin sendiri? Ada cara membuat masker kain yang mudah untuk Mamak praktikkan.

Selain untuk penggunaan sendiri, Mamak juga bisa memproduksi lebih banyak untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Syaratnya Mamak harus siap dengan pasang surut jumlah pesanan sebagaimana risiko dagang. Yang penting kualitas masker yang dibuat sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

cara membuat masker kain

Kalaupun tidak untuk komoditas dagang, membuat masker sendiri juga membantu mengurangi sampah yang dihasilkan dari masker sekali pakai. Mamak cerdas harus sayang lingkungan dong!

Nah Mak, ada banyak cara untuk membuat masker sendiri. Mulai dari masker kain yang paling sederhana tanpa dijahit, dengan jahitan tangan, atau yang paling komplet dengan aneka motif. Simak caranya, yuk!

Cara Membuat Masker Sederhana Sesuai Standar Pemerintah

Demi menjaga kesehatan dan keamanan dari virus Corona, pemerintah berupaya meneliti seberapa amannya masker saat hendak digunakan untuk beraktivitas. Merujuk pada aturan tsb, maka sebaiknya sesederhana apa pun masker yang Mamak buat, harus tetap aman.

Sebelum membuat masker, Mamak harus belajar membuat polanya terlebih dahulu. Cara membuat pola masker kain yang mudah adalah dengan menerapkan masker yang sudah ada sebagai contoh, pada selembar kertas.

Buatlah pola dengan posisi hidung yang akan digunakan untuk membuat pola. Lalu terapkan dengan melebihkan jarak beberapa cm dari masker itu untuk tempat jahitnya.

Berikut langkah-langkah untuk membuat masker sederhana:

  1. Siapkan kain katun perca yang tidak mudah menyerap air. Terapkan pola yang telah Mamak buat tadi, agar kain bakal masker siap dijahit. Berikan garis-garis untuk tempat jahit. Agar sesuai standar, gunakan tiga helai kain untuk dijadikan masker kain tiga lapis.
  2. Jahit sesuai pola dengan mesin jahit secara perlahan.
  3. Siapkan tali pengikat yang telah disesuaikan dengan ukuran kepala calon pengguna masker, lalu jahit pada masker yang telah jadi tiga lapis.
  4. Rapikan benang-benang sisa jahitan, lalu setrika agar tampak rapi.

Cara Membuat Masker Kain Jahit Tangan

Selain membuat masker yang paling sederhana menggunakan kain perca, Mamak juga bisa membuat masker dengan jahit tangan saja. Berikut langkah-langkah pembuatan masker tanpa mesin jahit:

  1. Siapkan kain yang hendak dijadikan masker. Buat pola, dan terapkan ke kain seperti langkah membuat masker kain sederhana di atas.
  2. Siapkan benang dan jarum untuk menjahit manual. Ingatlah untuk menyiapkan tiga lapis kain agar memenuhi standar keamanan.
  3. Jahit kain secara perlahan sesuai pola. Tambahkan tali sesuai kebutuhan. Untuk masker hijab, tali yang dibutuhkan harus lebih panjang karena akan mengitari kepala. Tidak seperti masker biasa yang cukup dilingkarkan di telinga.

Masker jahit tangan ini hanyalah alternatif jika Mamak tidak memiliki mesin jahit. Sebaliknya, membuat masker menggunakan mesin jahit tentu membuat hasil jahitan yang lebih rapi dan waktu pengerjaan yang lebih singkat.

Cara Membuat Masker Kain Hijab

Masker kain hijab yang dimaksud bukanlah cadar. Sebab cadar umumnya hanya terdiri dari satu lapis kain tipis. Untuk Mamak yang mengenakan cadar, akan lebih baik jika mengenakan masker pula di dalamnya.

Untuk Mamak yang hanya mengenakan hijab/jilbab tanpa cadar, sebenarnya kendala menggunakan masker hanya pada tali yang menyulitkan jika masker dikenakan setelah jilbab. Solusinya adalah dengan menggunakan konektor masker hijab atau tali tambahan untuk menghubungkan kedua tali masker.

cara membuat masker hijab
facebook.com/myfitrieshop

Cara membuatnya cukup mudah. Mamak bisa memanfaatkan karet elastis yang dijahit bersama sisa kain sebagai penutup. Di kedua ujung konektor, pasang velcro (perekat kain yang bisa dibuka-tutup) atau kancing cetrek, atau bisa juga kancing besar sebagai pengait.

Cara Membuat Masker Kain Tanpa Dijahit

Tujuan utama mengenakan masker adalah untuk menghindari debu dan droplet yang membawa macam-macam kuman. Jadi kalaupun Mamak tidak terbiasa menjahit, masih ada cara lain untuk mendapatkan masker tanpa membeli.

Inilah cara membuat masker kain tanpa dijahit:

  1. Siapkan bahan dasar berupa selembar kain yang tidak terlalu besar, karet elastis (bukan karet gelang), dan tisu.
  2. Kain dilipat dua, sisipkan tisu di dalamnya. Beri lubang di kanan kiri kain, untuk mengikat tali atau karet.
  3. Pasang tali atau karet ke telinga. Selesai! Bahkan jika Mamak tidak ingin menggunakan tali atau karet elastis, pilihlah kain yang sekiranya bisa diikat ke belakang.

Masker mana pun yang jadi pilihan Mamak, pastikan bahan yang digunakan nyaman dan tepat sesuai fungsinya. Selain itu, pastikan bahan dan tangan Mamak dalam keadaan bersih saat mengerjakannya.

Khusus untuk masker kain tanpa dijahit, gunakan kain yang benar-benar bersih. Karena setelah disusun sedemikian rupa, masker tersebut idealnya langsung dikenakan. Sedangkan masker kain yang dibuat dengan proses menjahit, sebaiknya dicuci dulu sebelum dipakai.

Begitu mudah cara membuat masker kain ya, Mak! Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar. Bahkan jika Mamak tengah menjalani isolasi mandiri, masker tetap wajib dikenakan meski di dalam rumah. Sehat-sehat, Mak!

Previous

Inilah 10 Dampak Positif HP untuk Anak

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Telurnya

Next

1 thought on “Cara Membuat Masker Kain Hemat Budget”

  1. Iya kak ya, solutif banget. Bisa bikin masker di rumah sendiri.. padahal kebutuhan masker kan pastinya setiap saat, misal sering aktivitas di luar rumah.. makasih kak solusinya

    Reply

Leave a Comment