Mamak Cantik

5 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Bagi kebanyakan orang, khususnya wanita, kulit wajah yang putih berseri adalah ukuran kecantikan. Semoga Mamak tidak termasuk, ya! Inner beauty lebih utama, dong.

Meski demikian, yang namanya mindset memang sulit untuk diubah. Tak ayal, banyak produk kecantikan terus menjamur dengan klaim dapat memutihkan wajah dalam waktu singkat.

Padahal tidak sedikit pemutih kulit dengan “kinerja super” yang mengandung bahan kimia berbahaya. Dan Mamak sendiri tahu kan, kalau penggunaan pemutih kulit berbahan kimia justru dapat merusak tubuh? Apalagi jika digunakan dalam jangka panjang.

Kalau Mamak juga meinginkan wajah yang putih bersih, lebih baik Mak mencoba cara memutihkan wajah dengan bahan alami saja, yang sudah terbukti aman.

Ada beragam cara memutihkan wajah dengan bahan alami yang bisa Mak lakukan di rumah. Bahan-bahannya pun juga terbilang mudah ditemukan. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil optimal, hal itu tetap lebih baik daripada menanggung risiko menggunakan produk kimiawi.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Beras

Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Diadona.id

Tak banyak orang yang tahu jika mereka bisa memutihkan wajah hanya dengan air beras yang setiap hari kita konsumsi. Beras mengandung vitamin B, allantoin, dan tirosinase yang mampu menjadikan kulit cerah berseri.

Pada dasarnya semua jenis beras memiliki manfaat yang sama, tetapi beras jepang dianggap menjadi jenis beras paling manjur yang bisa dijadikan masker.

Namun, tak ada salahnya juga untuk mencoba beras yang biasa Mamak gunakan untuk memasak di rumah. Bagian yang digunakan untuk bisa memutihkan kulit wajah ini adalah air rendaman beras yang pertama.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Mamak bisa menambahkan bahan lainnya untuk membuat masker beras. Seperti madu, susu, lemon, dan kunyit.

  • Tepung Beras dan Susu

Salah satu kombinasi yang bisa Mamak coba adalah beras dan susu. Seperti kita ketahui, susu mengandung vitamin A, B, dan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang baik untuk kesehatan dan perawatan kulit.

AHA ini berfungsi sebagai eksfoliator yang bisa mengikis sel kulit mati, sehingga dapat membuat kulit lebih bersih, cerah, dan halus.

Cara penggunaannya juga sangat sederhana, Mamak bisa mengambil satu sendok beras yang sudah menjadi tepung, lalu tambahkan dengan satu sendok makan susu cair. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit sampai 1,5 jam, kemudian bilas dengan air dingin.

  • Tepung Beras, Kunyit, dan Lemon

Kombinasi lain yang bisa Mamak coba adalah tepung beras, kunyit, dan lemon. Kunyit memiliki antioksidan yang bisa mencegah inflamasi, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan melawan tanda-tanda penuaan dini, serta mengatasi kulit kusam.

Sementara lemon kaya akan vitamin C dan nutrisi vital yang sangat baik untuk kulit sehat dan bercahaya. Cara membuatnya juga cukup mudah.

Sediakan 4 sendok makan tepung beras, 3 sendok makan air lemon segar, dan 1 sendok makan kunyit bubuk. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga rata, kemudian oles pada wajah sambil dipijat lembut dengan gerakan melingkar. Diamkan hingga 30 menit, dan bilas dengan air dingin.

  • Tepung Beras, Minyak Zaitun, dan Susu Bubuk

Selain dengan bahan alami seperti susu, kunyit, dan lemon. Mamak juga bisa mencoba cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan pelembab alami yang bisa melembutkan dan membuat kulit awet muda. Ditambah campuran susu dan tepung beras yang dapat mencerahkan kulit wajah.

Cara membuatnya, gunakan 10 sendok makan tepung beras, 5 sendok makan susu bubuk dan 1 sendok makan minyak zaitun. Campur rata dengan tambahan sedikit air.

Oleskan bahan tersebut ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika dirasa sudah agak mengeras, maka bilas dengan air bersih yang mengalir.

  • Tepung Beras, Teh Hijau, dan Lemon

Selain dapat memutihkan wajah, campuran antara tepung beras, teh hijau, dan lemon ini juga bisa untuk mengatasi flek hitam, keriput, dan pigmentasi di usia dini.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung beras, 3 sendok makan air seduhan teh hijau, dan 1 sendok teh air lemon.

Oleskan secara merata ke kulit wajah, diamkan kurang lebih selama 30 menit, dan bilas dengan air dingin.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, memutihkan wajah dengan bahan alami butuh waktu untuk hasil yang maksimal. Mamak bisa mengulanginya rutin setiap hari, atau setidaknya tiga kali dalam sepekan.

Karena tidak ada cara memutihkan wajah secara alami dan cepat dalam 1 hari dan permanen. Jika pun saat ini banyak krim pemutih racikan yang beredar, besar kemungkinan mengandung banyak bahan kimia yang dapat merusak kulit wajah Mamak.

Cara Memutihkan Wajah dengan Tomat

Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Pixabay

Cara memutihkan wajah dengan bahan dapur lainnya adalah dengan tomat. Tomat memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan juga zat antioksidan tinggi.

Menggunakan tomat sebagai bahan masker akan membuat kulit wajah Mamak nampak cerah bersinar. Tomat juga mampu mengecilkan pori-pori, dan mengatasi jerawat.

Penggunaan masker ini bisa hanya dengan tomat saja, atau dicampurkan dengan bahan lainnya seperti berikut ini.

  • Tomat dan Madu

Pasti Mamak tak asing lagi dengan madu yang terkenal dengan rasa manis alaminya itu. Madu bisa Mak campurkan dengan tomat sehingga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah.

Cara membuatnya, ambil air perasan tomat dan tambahkan dengan madu secukupnya. Aduk hingga rata dan aplikasikan ke seluruh wajah sebagai masker.

Diamkan hingga masker mengering dan terasa kaku, kurang lebih selama 15 hingga 30 menit. Jika sudah mengeras bilas, dengan menggunakan air hangat.

  • Tomat dan Kentang

Agar dapat menghilangkan flek hitam pada wajah secara maksimal, Mamak bisa juga mencoba membuat masker tomat dengan campuran kentang.

Caranya, parut kentang dan campurkan dengan tomat hingga menjadi bubur masker. Kemudian aplikasikan ke wajah yang baru saja terkena paparan sinar matahari. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

  • Pasta Tomat

Jika Mamak enggan untuk menggunakan bahan tambahan lainnya, dan hanya ada tomat di rumah. Tidak jadi masalah. Karena Mak bisa membuat pasta tomat yang tak kalah baik khasiatnya.

Pasta tomat dapat membantu Mamak untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan warna kecokelatan pada kulit. Cara membuatnya ada dua, berikut ulasannya:

Cara pertama, hancurkan tomat hingga membentuk pasta halus, lalu aplikasi ke wajah secara merata dan gosok dengan gerakan melingkar. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin.

Cara yang kedua, hancurkan tomat hingga menjadi pasta halus, kemudian tambahkan susu dan aduk hingga rata. Aplikasikan ke wajah, diamkan hingga 10 menit, dan bilas dengan air dingin.

  • Tomat, Yoghurt, dan Lemon

Kombinasi antara tomat, yoghurt, dan lemon ini merupakan pilihan berikutnya dari cara memutihkan wajah dengan bahan alami yang bisa Mamak lakukan di rumah. Bahkan dengan bahan-bahan ini, Mamak juga bisa mengatasi jerawat karena kandungan lemon dan yoghurt di dalamnya.

Cara membuatnya, siapkan 1 buah tomat, 2 sendok teh air lemon, dan yoghurt segar secukupnya. Kemudian peras semua jus dari tomat, campurkan dengan lemon dan yoghurt.

Aduk hingga rata lalu aplikasikan ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 sampai 20 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Pikist

Selain menggunakan beras dan tomat, Mamak juga bisa menggunakan bahan alami lainnya untuk memutihkan wajah tanpa harus menggunakan bahan kimia.

Contohnya seperti penggunaan jeruk nipis yang mengandung banyak vitamin C untuk dapat menangkal radikal bebas. Cara mengolahnya sangat sederhana, yakni Mamak hanya perlu membelah jeruk nipis, kemudian oleskan permukaan jeruk ke wajah secara merata.

Diamkan selama 30 menit atau hingga mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil maksimal, Mamak bisa melakukan cara memutihkan wajah dengan bahan alami ini sebanyak 2 sampai 3 kali sepekan.

Tetapi bagi Mamak yang memiliki kulit sensitif, harus berhati-hati karena dapat menyebabkan iritasi. Jika Mamak khawatir akan mengalami iritasi, Mak bisa mencoba bahan alami lainnya.

Cara Memutihkan Wajah dengan Pisang

Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Pixabay

Siapa pun tahu buah pisang memiliki banyak sekali kebaikan. Salah satunya adalah vitamin C yang dapat mengatasi masalah pigmentasi, bekas jerawat, komedo, dan flek hitam.

Mamak bisa menjadikan pisang sebagai masker alami yang digunakan secara langsung, atau ditambah dengan bahan lainnya seperti berikut ini.

  • Campuran Pisang, Madu, dan Lemon

Ternyata madu cukup efektif untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat yang juga dapat menyebabkan flek hitam. Maka, cobalah untuk mencampurkan pisang, madu, dan lemon yang memiliki kandungan lactic acid tinggi, yang dapat memutihkan warna kulit.

Cara membuatnya, campurkan 1 buah pisang yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh air lemon. Aduk hingga rata, lalu aplikasikan ke seluruh wajah.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian basuh wajah dengan air hangat hingga bersih. Gunakan masker ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

  • Campuran Pisang, Baking Soda, dan Kunyit

Biasanya penyebab wajah kusam dan menghitam adalah karena bekas jerawat yang membandel susah dihilangkan. Tetapi dengan cara memutihkan wajah dengan bahan alami yang sudah dipaparkan dalam artikel ini, Mamak tidak perlu pusing lagi.

Campuran bahan alami seperti pisang, baking soda, dan kunyit juga dinilai ampuh untuk memutihkan wajah. Bahkan, baking soda juga bermanfaat untuk menyerap minyak berlebih, dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Sementara kunyit bermanfaat untuk membasmi bakteri penyebab jerawat, dan membuat wajah semakin cerah dan putih.

Cara membuat masker campuran pisang, baking soda, dan kunyit ini adalah dengan menghaluskan 1 buah pisang, lalu campurkan dengan setengah sendok teh baking soda, dan setengah sendok teh kunyit bubuk.

Kemudian aduk hingga merata, lalu aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat, disusul dengan air dingin.

  • Campuran Pisang, Lemon, dan Kuning Telur

Selanjutnya Mamak juga bisa menambahkan lemon dan kuning telur pada masker pisang. Kuning telur dapat mencegah timbulnya jerawat dan memperlancar sirkulasi darah sehingga kulit wajah akan nampak lebih putih dan cerah.

Cara membuat masker campuran pisang, lemon, dan kuning telur ini adalah dengan menghaluskan kurang lebih setengah buah pisang, 1 sendok teh air lemon, dan 1 kuning telur.

Setelah diaduk hingga rata, kemudian oleskan ke seluruh wajah dan diamkan hingga mengering. Jika sudah kering, Mamak bisa membilasnya dengan air bersih.

  • Campuran Pisang dan Minyak Kelapa

Selain menggunakan cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun, Mamak juga bisa memanfaatkan minyak kelapa yang dicampur dengan pisang.

Minyak kelapa mengandung lauric acid yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat wajah nampak lebih putih dan lembut.

Cara membuatnya, campurkan 1 buah pisang yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata.

Kemudian oleskan campuran tersebut secara merata pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit. Jika sudah mengering, basuh wajah dengan air bersih.

Cara Memutihkan Wajah dengan Cuka Apel

Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Liputan6.com

Belum banyak orang yang tahu bahwa cuka apel juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan memutihkan wajah dengan cara alami.

Cuka apel memiliki banyak kandungan yang baik untuk kulit, seperti asam amino yang dapat meregenerasi dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Ada juga kalium yang dapat melembabkan sel-sel kulit dan menyeimbangkan pH tubuh. Serta Kalsium yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radang, bahkan penuaan dini.

Dengan berbagai kandungan baik dalam cuka apel, Mamak tidak hanya bisa memutihkan wajah tapi juga membuat kulit wajah sehat. Mamak bisa menggunakan cuka apel sebagai toner, pembersih wajah, ataupun sebagai obat luka bakar karena matahari.

  • Toner Wajah Cuka Apel

Cuka apel dapat digunakan sebagai toner wajah alami. Untuk bisa menggunakannya, Mamak hanya butuh mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dengan 4 sendok makan air.

Usapkan campuran di atas secara lembut ke kulit wajah menggunakan kapas, layaknya penggunaan toner pada umumnya.

Mamak bisa melanjutkan penggunaan pelembab atau produk skincare lainnya setelah cuka apel ini mengering dan meresap dengan sempurna.

  • Cuka Apel Sebagai Pembersih Wajah

Selain bisa Mamak gunakan sebagai toner wajah, cuka apel juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih wajah.

Caranya dengan menyiapkan cuka apel dan air hangat. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu usapkan secara merata pada wajah yang telah dibersihkan dengan sabun. Kemudian diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air hangat.

  • Cuka Apel Sebagai Obat Luka Bakar Matahari

Terkadang paparan sinar matahari dapat membakar kulit wajah sehingga membuatnya memerah, atau bahkan langsung terlihat lebih gelap. Oleh karena itu, Mamak bisa menggunakan cuka apel sebagai obat luka bakar karena matahari ini.

Caranya dengan mencairkan sari cuka apel bersama air bersih, kemudian ditepuk-tepuk pelan pada area wajah yang dibutuhkan.

Selain dapat dijadikan sebagai toner, pembersih wajah, dan obat luka bakar matahari, cuka apel juga dapat Mamak jadikan masker kompres.

Menggunakan masker kompres ini dapat membuat wajah lebih bersih dan meminimalisir peradangan jerawat. Caranya, larutkan cuka apel dengan campuran dua sendok makan air. Lalu basahi kapas ke dalam larutan cuka apel yang telah dibuat tadi.

Kompreskan kapas tersebut ke seluruh permukaan wajah kecuali mata, hidung, dan mulut. Diamkan selama kurang lebih 25 menit.

Jika sudah menyerap, angkat kapasnya dan tepuk perlahan wajah Mamak supaya larutan sisanya lebih menyerap ke dalam kulit wajah. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Itulah beberapa cara memutihkan wajah dengan bahan alami yang bisa Mamak lakukan. Daripada harus menanggung risiko berbahaya dari pemakaian bahan kimia, lebih baik memanfaatkan bahan alami yang bisa didapat dengan mudah dan terbukti aman. Selamat mencoba, Mak!

Featured image : Photo by Nine Köpfer on Unsplash

Leave a Comment