Mamak Cantik

Mak, Mau Tahu Cara Menebalkan Rambut?

Tidak sedikit orang bertanya-tanya, bagaimana cara menebalkan rambut. Terutama orang tua yang mendapati bayinya lahir dalam keadaan rambut yang sedikit.

Memang tidak dipungkiri, ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal menggemaskan, namun ada pula yang hanya membawa sedikit rambut tipis hingga kulit kepalanya terlihat.

cara menebalkan rambut

unsplash

Jangan khawatir, Mak. Coba lihat di usia SD. Biasanya tak nampak perbedaan berarti antara anak yang lahir dalam keadaan botak dengan yang lahir dengan lambut lebat.

Jika perawatan terhadap rambutnya bagus, saat dewasa, bahkan sebelum remaja, rambut seseorang biasanya sudah lebat atau minimal tidak terlalu tipis lagi.

Yang kerap membedakan adalah jenis dan tekstur rambut itu sendiri. Ada yang halus dan jatuh, ada pula yang agak kasar. Ada yang keriting halus, ada yang bergelombang.

Makanan untuk Ibu Hamil Agar Rambut Bayi Menjadi Lebat

cara menebalkan rambut bayi selagi hamil

unsplash

Jenis rambut anak dan tebal tidaknya, terutama dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jika Mamak dan suami memiliki rambut yang tidak tebal tapi menginginkan anak berambut tebal, Mak bisa melakukan intervensi selama kehamilan dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Makanan yang Mengandung Vitamin B

Menurut laman healthline, vitamin B membantu membuat sel darah merah, yang membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut. Proses ini berguna untuk pertumbuhan rambut.
Makanan yang mengandung vitamin B di antaranya adalah daging, ikan, telur, sayuran hijau, pisang, produk susu, dll. Cukup mudah didapatkan ya, Mak!

Tempe dan Tahu

Seperti yang kita tau, tahu dan tempe adalah sumber protein nabati karena terbuat dari kedelai. Selain mengoptimalkan perkembangan organ tubuh janin, protein juga berperan penting dalam pertumbuhan rambutnya.
Tak hanya mudah didapat, tahu dan tempe juga tergolong bahan makanan yang ramah di kantong.

Sari Kacang Hijau

Komposisi gizi makro dan mikro yang cukup lengkap pada kacang hijau sangat berguna bagi ibu hamil. Termasuk untuk membantu janin agar lahir dengan rambut yang lebat.
Kacang hijau juga mengandung asam amino esensial dan antioksidan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh Mamak ketika hamil.

Meski telah mengonsumsi makanan di atas, bisa jadi bayi yang Mak lahirkan tidak benar-benar berambut lebat. Sebab faktor paling utama memang genetik dari orang tua. Tapi kalau belum dicoba, ya tidak tau kan, Mak.

Agar Rambut Bayi Menjadi Tebal

cara menebalkan rambut bayi

unsplash

Katakanlah upaya selama kehamilan belum berhasil, Mamak masih bisa mencoba menebalkan rambut anak ketika mereka masih bayi dengan langkah-langkah berikut.

Gunakan Sampo Lidah Buaya

Keroklah isi tanaman lidah buaya yang sudah cukup besar. Campurkan gel yang telah dikeluarkan dengan air hangat, gunakan sebagai sampo bayi.

Oleskan Minyak Kelapa

Selain untuk menebalkan rambut, minyak kelapa juga berfungsi sebagai pelembab kulit kepala. Oleskan pada kepala bayi sebelum atau setelah mandi.

Gunakan Minyak Argan

Minyak argan adalah minyak yang dihasilkan dari biji buah argan. Buah argan merupakan tanaman endemik Maroko. Minyak ini sudah banyak dijual di Indonesia, Mamak bisa mengoleskannya secara berkala di kepala bayi untuk membantu menumbuhkan rambut yang lebat dan sehat.

Perhatikan Gizi Pengasup ASI

Ini pun tak kalah penting dibanding upaya yang bersentuhan langsung dengan kulit kepala bayi. Pastikan Mamak mengonsumsi makanan kaya gizi agar ASI yang dihasilkan makin berkualitas. Dengan begitu, pertumbuhan bayi dari rambut sampai kaki pun bisa optimal.

Semoga usaha Mamak untuk menebalkan rambut anak tak sia-sia, ya. Tapi bagaimana pun, buah hati adalah anugerah yang tetap harus dicintai, apa pun keadaan mereka.

Setiap anak punya kelebihan masing-masing, Mak! Karakter yang baik juga tak kalah penting daripada penampilan seseorang, kan?

Baca juga: 5 Cara Potong Rambut Sendiri

Leave a Comment