Mamak Cantik

Cara Mengatasi Komedo di Hidung

Selain jerawat, apa yang sering mengganggu di wajah Mamak? Salah satunya mungkin komedo. Terasa gatal, bau, dan merusak penampilan. Yuk Mak, kita bahas cara mengatasi komedo di hidung!

cara mengatasi komedo di hidung

unsplash

Komedo Hitam dan Komedo Putih

Komedo sebenarnya tak hanya muncul di hidung, bisa di permukaan kulit lainnya seperti dada, leher, bahkan hingga ke punggung. Bedanya, komedo di hidung jelas lebih mengganggu karena lebih terlihat dibanding jika tumbuh di lokasi lainnya.

Komedo adalah bintik yang muncul diakibatkan folikel rambut yang tersumbat. Ada dua jenis komedo, yakni komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads).

Komedo sebenarnya adalah jerawat yang tidak mengalami peradangan. Komedo hitam merupakan komedo terbuka yang mendapatkan warna hitam dari pigmen kulit. Sedangkan komedo putih adalah komedo pada pori yang tertutup karena minyak, bakteri, dan sel kulit mati.

Baik komedo hitam maupun putih pada dasarnya disebabkan oleh hal yang sama, yaitu kotoran yang terjebak di dalam pori-pori kulit. Termasuk sisa riasan yang kurang optimal dalam proses pembersihannya.

 

Faktor Penyebab Munculnya Komedo

Sudah disebutkan di atas ya, Mak, bahwa komedo disebabkan oleh kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain itu, ada faktor yang memicu terjadinya proses penyumbatan tersebut, di antaranya:

  1. Usia
    Remaja biasanya lebih sering memiliki komedo, karena peningkatan hormon androgen yang menyebabkan produksi minyak di bawah kulit lebih banyak.
  2. Makanan
    Makanan berminyak, produk susu, makanan cepat saji, dan kudapan tinggi gula merupakan pemicu munculnya komedo dan jerawat.
  3. Stres
    Jangankan komedo, Mak, berbagai penyakit dari yang ringan sampai akut bisa disebabkan oleh stres.
  4. Obat dan Bahan Kimia
    Paparan obat tertentu dan bahan kimia yang digunakan pada wajah, dapat menyebabkan timbulnya komedo putih maupun hitam.
  5. Kebiasaan
    Menunda-nunda membersihkan kulit, terutama muka, dapat menyebabkan komedo dan jerawat. Selain itu, kebiasaan menyentuh wajah, memencet jerawat, dsb, juga dapat memicu terbentuknya komedo. Karena bakteri yang ada di tangan berpindah ke wajah.

 

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami

Cara Mengatasi Komedo di Hidung

unsplash

Cara menghilangkan komedo hitam maupun putih pada dasarnya sama. Bahkan tidak berbeda jauh dengan cara menghilangkan jerawat. Yang pertama jangan lupa, hindari penyebabnya sebagai langkah pencegahan.

Selanjutnya Mamak bisa berkonsultasi pada dokter kulit untuk mendapatkan obat yang tepat. Selain itu, ada cara mudah dengan bahan alami yang bisa Mamak lakukan sendiri untuk mengatasi komedo di hidung.

Lidah Buaya

Kerok daging (gel) tanaman lidah buaya, oleskan pada wajah. Tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih. Kandungan aloin dan antioksidan pada lidah buaya sangat efektif untuk mengatasi masalah kulit.

Madu dan Lemon

Campurkan perasan lemon dengan satu sendok makan madu, ditambah sedikit gula. Oleskan campuran tersebut pada hidung dan area berkomedo lainnya. Lakukan rutin sepekan sekali, wajah Mamak akan bersih dari komedo.

Putih Telur dan Lemon

Pisahkan putih telur dari kuningnya. Campurkan dengan perasan lemon, aduk sampai menyatu benar. Aplikasikan campuran ke bagian wajah yang berkomedo, terutama bagian hidung.

Kopi

Siapkan setengah cangkir bubuk kopi, campur dengan setengah cangkir minyak kelapa. Gunakan seperti scrub ke wajah. Pijat memutar, lalu diamkan sekira lima menit. Kemudian cuci bersih dengan air dingin.

Teh Hijau

Seduh teh hijau, lalu diamkan hingga dingin. Semprotkan ke wajah atau oleskan dengan kapas. Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk kulit.

Demikian cara mengatasi komedo di hidung yang bisa Mamak lakukan sendiri dengan bahan alami. Selamat mencoba, semoga sehat selalu!

 

Referensi: hellosehat & klikdokter

Leave a Comment