Mamak Modis

Ini Dia Gamis untuk Orang Gemuk yang Paling Cantik

Mamak yang punya berat badan “agak lebay”, tidak boleh memilih busana sembarangan. Terutama gamis atau baju kurung, yang jika salah pilih, justru membuat badan Mak terlihat semakin besar.
Nah di artikel fashion berikut ini, KawanMamak akan jelaskan tentang gamis untuk orang gemuk. Simak baik-baik, ya!
Gamis adalah sejenis kain menjulur dari atas hingga bawah tubuh. Umumnya antara kain bagian atas dengan bagian bawah sewarna. Sedangkan untuk coraknya, ada yang polos dan (khusus gamis perempuan) ada yang berenda serta bermotif.
Biasanya baju gamis untuk orang gemuk disertai dengan kerudung atau jilbab. Warnanya tidak harus sepadan, tetapi paling tidak selaras. Sedangkan untuk bentuk lilitan, tidak terlalu bervariasi, karena gamis sendiri memang bervisi kesederhanaan.

Baju Gamis untuk Orang Gemuk

Gamis juga bagus dipakai oleh orang yang gemuk. Namun modelnya tidak boleh salah. Karena jika keliru, justru penampilan semakin tidak menarik. Atas dasar hal tersebut, di bawah ini akan diinformasikan tentang baju gamis seperti apa yang bagus. Ini penjelasannya:

Model Baju Gamis untuk Orang Gemuk

Gamis untuk Orang Gemuk yang Paling Cantik

Kanal Aceh

Model baju gamis untuk orang gemuk agar terlihat langsing cukup banyak. Untuk detail yang singkat akan dijelaskan di bawah. Silakan disimak, lalu jadikan tips ketika memilih baju. Ini uraiannya, Mak:

1. Ukuran Tidak Terlalu Lebar

Model gamis untuk orang gemuk yang pertama adalah ukurannya tidak terlalu lebar. Tidak juga terlalu sempit, apalagi sampai memperlihatkan lekuk tubuh. Karena visi baju gamis adalah kesopanan dan adab. Dengan baju gamis yang tidak terlalu longgar, maka bentuk tubuh yang kegemukan tidak akan terlihat.

Bahkan si pemakainya terlihat tinggi dan langsing. Ini menjadi model standar gamis yang memang disukai perempuan dengan body melar.

2. Gamis dengan Pergelangan Tangan dan Mata Kaki Terbuka

Sebagian besar model gamis untuk orang gemuk tinggi menjulur hingga menutup mata kaki. Namun Mamak sebaiknya menghindari model semacam ini, karena justru membuat tubuh makin terlihat besar. Silakan julurkan gamis, tetapi jangan sampai menutupi mata kaki. Hal yang sama juga berlaku untuk pergelangan tangan.

Kedua anggota tubuh ini tetap harus terlihat, lanjutkan dengan manset dan kaus kaki jika termasuk aurat yang harus disembunyikan. Dengan model seperti itu, perempuan gemuk akan terlihat langsing. Tujuannya bukan agar jadi bahan perhatian publik ya, Mak. Tapi agar Mamak lebih pede dan tidak insecure.

3. Gamis Bermotif

Model gamis untuk orang gemuk pendek yang tepat adalah kain gamis bermotif. Motif yang ada pada gamis berfungsi untuk mengalihkan fokus orang yang melihat. Yakni melihat pada kain, bukan pada tubuh. Pilihlah gamis dengan motif yang menarik tetapi sederhana.

Jangan memilih motir yang terlalu ramai, Mak. Meski kadang terkesan mewah, jika berlebihan justru menarik perhatian, dan orang mulai beralih ke ukuran pemakai, bukan pakaiannya. Yang terpenting, gamis tersebut padanan warnanya sesuai dengan jilbab atau aksesori lain yang dipakai saat bersamaan.

4. Gamis Kain Lembut

Model gamis untuk orang gemuk yang keempat, adalah gamis kain lembut. Maksudnya, pakailah gamis yang kainnya berbahan dasar lembut. Bahan seperti ini biasanya menutup dengan baik sesuai bentuk tubuh (tapi tidak njeplak). Sedangkan jika menggunakan kain yang kasar dan kaku, tentu gamis terkesan keluar dari bentuk tubuh.

Ini yang terkadang membuat penampilan semakin terlihat buruk. Maka dari itu, orang gemuk harus selektif ketika memilih bahan pakaian, termasuk bahan gamis. Bahan kain gamis untuk orang gemuk yang lembut juga nyaman ketika dipakai. Tidak panas dan umumnya menyerap keringat. Selain itu, gamis juga lentur sehingga mudah dipakai beraktivitas.

Warna Baju Gamis untuk Orang Gemuk

Gamis untuk Orang Gemuk yang Paling Cantik

Harapan Rakyat Online

Untuk pemilihan warna baju gamis bagi orang gemuk juga tidak boleh sembarangan. Karena jika salah pilih, penampilan justru terlihat jelek. Bisa-bisa Mamak mendapatkan cemoohan atau reaksi gak penting lainnya.  Karena dari kesalahan memilih gamis, tubuh seseorang bisa terkesan semakin melar.

Warna yang terlalu mencolok pun tidak bisa mengatasi keadaan, karena orang menganggap tidak sesuai dengan ukuran tubuh si pemakai. Karena itu di bawah ini akan dijelaskan tentang warna-warna gamis yang cocok untuk orang bertubuh gemuk. Silakan disimak, semoga ada manfaatnya untuk Mamak yang sedang membutuhkan gamis yang tepat. Ini penjelasannya:

1. Warna Putih Terang bermotif

Warna gamis yang cocok untuk orang bertubuh gemuk adalah warna putih terang. Warna ini benar-benar harus polos, tidak ada warna penyerta di dalamnya. Yang bisa disandingkan hanya motif saja. Motif yang pas adalah renda dengan warna sepadan. Bisa juga dengan membuat lipatan kain ganda di bagian depan.

Silakan jadikan lipatan dalam sebagai resleting atau kancing, sedangkan lipatan luar menjadi penutupnya. Warna putih bermotif semacam ini membuat perempuan gemuk terlihat cantik. Bahkan kesan berat badan yang berlebih menjadi tidak terlihat. Ini pula yang menjadi alasan mengapa gamis dengan warna semacam ini lebih laku di pasaran.

2. Perpaduan Dua Warna

Usahakan ketika memilih baju gamis untuk orang gemuk, menggunakan dwi warna atau dua warna yang saling berpadu. Maksudnya, menggunakan warna selaras agar gamis tidak terkesan terlalu menor. Kalau bisa gamis tetap sewarna, tetapi warna yang berbeda disematkan pada kerudung. Kelihatannya penampilan tetap fashionable asalkan lilitan kerudung tidak terlalu mewah dan ruwet.

3. Warna Gelap Bermotif

Warna yang berikutnya adalah warna gelap seperti hitam, abu-abu, cokelat susu, dan sejenisnya. Warna-warna semacam ini bagus untuk gamis yang akan digunakan oleh orang bertubuh gemuk. Sekalipun demikian, tampilan gamis jangan dibiarkan kosong. Karena kesannya gamis terlihat tidak elegan dan sangat sederhana. Maka dari itu, bolehlah disematkan sedikit motif di sana.

Yang umum adalah pemakaian kancing dari leher hingga sebatas dada. Bisa juga dengan membuat lipatan kain ganda di bagian depan. Jika gamis dibiarkan kosong, maka silakan permainkan warna pada kerudung. Paling tidak, gunakan kerudung warna terang tetapi tidak keluar dari warna gamis.

4. Perpaduan Warga Gelap Terang

Warna gamis untuk orang gemuk yang selanjutnya adalah memadukan antara warna gelap dengan terang. Namun tidak boleh sama dominan melainkan ada yang menjadi warna inti juga ada yang menjadi warna penyerta. Untuk warna inti silakan gunakan sebagai dasar gamis. Warnanya boleh terang atau gelap. Jika warna ini gelap tentu warna penyertanya adalah terang. Begitu juga sebaliknya.

Untuk warna penyerta silakan pasangkan pada sebagian gamis saja. Seperti di lengan, pergelangan tangan, dan mata kaki. Jangan membedakan warna antara gamis atas dengan gamis bagian bawah. Karena kesannya terlalu ramai dan agak berlebihan.

Tips Gamis untuk Orang Gemuk

Gamis untuk Orang Gemuk yang Paling Cantik

Bukalapak

 

Orang bertubuh gemuk tidak boleh asal memilih gamis. Paling tidak, jatuhkan pilihan pada gamis yang bisa menghilangkan kesan berat badan yang melar. Nah berikut ini akan dijelaskan tentang tips gamis untuk orang gemuk. Silakan disimak penjelasannya:

1. Hati-Hati Menggunakan Outfit

Tips yang pertama adalah hati-hati ketika menggunakan outfit. Karena model ini memang harus disesuaikan dengan postur orang yang menggunakan. Tidak semua orang bertubuh gemuk cocok dengan gamis yang ada outfit di dalamnya. Jika salah pasang, bentuk tubuh yang tidak proporsional akan semakin terlihat.

Mamak tidak mau kan, jadi bahan lelucon orang lain? Apalagi jika nasib gamis berujung di tempat pembuangan, mubazir dong! Oleh karena itu, perhatikan tips ini dengan sungguh-sungguh. Lebih baik tanya pada ahlinya jika memang ingin menggunakan outfit. Toh ini juga demi penampilan terbaik Mamak.

2. Jangan Memilih Gamis Ukuran Jumbo

Tips yang kedua adalah sebisa mungkin jangan memilih gamis berukuran superbesar atau jumbo. Jangan terlalu berprasangka buruk pada ukuran tubuh sehingga memilih gamis melebihi ukuran sebenarnya. Lebih baik Mamak sesuaikan ukuran gamis secara saksama dengan bentuk tubuh sebelum membelinya.

Jika menggunakan gamis ukuran jumbo padahal berat badan tidak terlalu melar, risikonya adalah penampilan terlihat lebih gemuk. Padahal visi memilih pakaian bagi orang gemuk adalah untuk menyamarkannya, bukan justru mempertontonkan ukuran badan yang ekstra.

Manfaatkanlah kamar pas yang ada di toko sebelum memutuskan untuk membeli gamis pilihan. Coba terlebih dahulu, apakah gamis sudah sesuai dengan tubuh atau tidak. Bisa juga meminta pendapat saudara, teman, atau pasangan sebagai masukan.

3. Pilih Gamis yang Tidak Terlalu Ramai

Gamis yang terlalu ramai, baik motif dan warnanya, justru memperlihatkan tubuh yang kegemukan. Sebab kain jadi terlihat lebih sempit, yang membuat tampilan tubuh semakin terlihat keluar. Orang yang melihatnya tidak lagi fokus pada model tetapi pada berat badan.

Bagus jika mereka hanya membatin, kalau nyablak? Sebaliknya, menggunakan gamis dengan model sederhana dapat memberi kesan anggun dan elegan. Si gemuk yang mengenakannya pun terlihat lebih langsing. Penampilan yang lebih menarik dan cantik tentunya mampu meningkatkan rasa percaya diri Mamak.

4. Hindari Gamis Warna Gelap Polos

Jika Mamak bisa memainkan gradasi warna pada gamis, silakan gunakan gamis warna gelap polos. Karena nanti pesonanya akan tertolong oleh warna penyerta yang disematkan. Namun, Jika tidak memiliki kemampuan untuk memadukan warna, lebih baik jangan menggunakan gamis berwarna gelap polos.

Karena nantinya penampilan tidak terlihat fashionable, sekalipun ukurannya tepat dan bobot tubuh berhasil tersamarkan. Lebih baik pilih warna terang polos saja. Itu lebih aman, terkesan cantik, dan lebih perempuan. Untuk memainkan desain, silakan gunakan motif seperti renda atau membuat lipatan kain di bagian depan.

5. Pilih Satu Gradasi Warna Saja

Orang gemuk tidak dilarang menggunakan gamis berwarna cerah. Namun usahakan tidak terlalu mencolok. Apalagi sampai memakai beberapa warna dalam satu gamis. Lebih baik gunakan gradasi warna saja. Karena ini yang membuat penampilan terlihat anggun tetapi tidak meninggalkan kesan mewah.

Jangan lupa untuk menggunakan gradasi sewarna atau paling tidak selaras. Karena jika gradasi dwi warna sementara warna yang digunakan saling bertentangan, kesan yang muncul tak hanya ramai. Tapi juga “nabrak”. Bagi perempuan gemuk, tentu pakaian semacam ini sangat tidak elok dilihat.

6. Pakai Aksesoris Penyerta

Tips yang keenam adalah menggunakan aksesori penyerta seperti kalung, gelang, renda. slayer, ikat pinggang dan semacamnya. Namun pastikan tidak berlebihan. Karena fungsi pemakaian hanya sebagai pendukung fashion saja.
Jika aksesori terlalu berlebihan, penampilan jauh lebih buruk.

Berat badan yang hendaknya disembunyikan malah semakin terlihat. Karena semakin banyak aksesori, kain gamis seakan menyempit. Padahal untuk orang gemuk, fokus penglihatan usahakan kepada pakaian, bukan pada bentuk tubuh. Ini yang masih belum diketahui banyak orang. Sehingga masih ada yang salah dalam memilih pakaian.

7. Hindari Gamis dengan Dua Warna

Jika teman atau saudara Mamak ada yang bertubuh gemuk, sampaikan padanya agar tidak memilih gamis dengan dua warna. Maksudnya, dua warna inti yang sama-sama dominan di gamis. Dwi warna yang sejatinya pasti saling mengalahkan sehingga kesannya kain menjadi tidak cantik.

Oleh karena itu, silakan gunakan gamis untuk orang gemuk dengan satu warna dominan saja. Boleh menggunakan gradasi dua warna, namun pastikan tidak saling dominan. Artinya ada satu warna sebagai inti dan satu warna lainnya sebagai penyerta.

8. Pilih Motif Gamis Vertikal

Untuk menyamarkan bentuk tubuh yang ekstra, orang yang bertubuh gemuk sebaiknya memilih pakaian dengan motif vertikal, bukan horizontal. Garis tegak pada motif dapat menghasilkan kesan ramping. Apalagi jika ukuran tubuh pemakainya memang tinggi, sehingga penampilan terlihat lebih langsing, senada dengan motifnya.

Untungnya sebagian besar motif gamis untuk perempuan gemuk memang berupa objek vertikal. Hampir tidak ditemukan motif horizontal, terutama untuk kain gamis yang polos sewarna.
Artinya garis atau objek vertikal memang telah disepakati sebagai metode penyamaran yang efektif oleh para ahli.

9. Hindari Gamis yang Menutup Seluruh Tubuh

Ada gamis yang sampai menutup pergelangan dan mata kaki. Padahal bagi orang yang gemuk, model gamis semacam ini bisa dibilang sangat tidak cocok. Beri ruang pada pergelangan tangan dan kaki agar tubuh tidak terkesan “dibungkus” sehingga tampak kurang menarik.

Yang terpenting adalah sandingkan gamis dengan kerudung syar’i. Boleh menggunakan kerudung sewarna atau boleh juga menggunakan yang warnanya sedikit lebih gelap.

10. Lilit Kerudung Secara Sederhana

Yang mendukung kecantikan gamis ketika digunakan oleh orang gemuk adalah lilitan kerudung. Maka dari itu, pastikan lilitan kain ini harus tepat dan sesuai dengan baju yang digunakan. Pastikan tidak menggunakan kerudung yang dililit seperti punuk unta. Karena itu justru membuat penampilan semakin buruk.

Apalagi yang menggunakan gamis adalah perempuan berbadan besar. Lebih baik pilih kerudung yang lilitannya sederhana, simpel dan praktis. Maksudnya ketika dibuka sekalipun, simpel dan tidak menghabiskan waktu. Kerudung semacam ini yang bisa menambah daya tarik seseorang ketika sedang menggunakan gamis.

11. Pilih Gamis Syar’i

Tips yang terakhir adalah, pilihlah gamis bermodel syar’i. Yakni gamis longgar yang tidak memperlihatkan lekuk tubuh pemakainya. Sudah jadi pengetahuan umum, bahwa gamis dikenakan untuk menutup aurat terutama bagi para muslimah atau perempuan muslim.

Menampakkan lekuk tubuh, selain tidak syar’i juga berisiko merusak penampilan. Oleh sebab itu sesuai dengan visi pemakaian gamis, yaitu kesopanan dan menutup aurat sebagai perintah agama, maka pakailah yang memang sesuai dengan koridornya. Jika dengan mengenakan gamis justru mempertontonkan aurat, jelas jadi konyol kan!

Demikian uraian panjang lebar tentang gamis untuk orang gemuk, yang bisa dijadikan pengetahuan tambahan untuk para Mamak di mana pun berada. Semoga ulasan di atas bermanfaat, dan dengannya penampilan Mamak semakin cantik dan menarik!

Featured image : Mayra Hijab

Leave a Comment