Masakan Mamak

Membuat Bumbu Gulai Kambing yang Lezat untuk Sajian di Rumah

Para Mamak pasti sudah sering mencicipi gulai atau bahkan sudah hapal betul bumbu dan cara memasaknya. Gulai kambing merupakan makanan khas Indonesia yang memadukan daging kambing dengan berbagai rempah.

Sudah tahu belum, Mak, apa saja bumbu gulai kambing?

Gulai, masakan dengan cita rasa gurih pedas ini merupakan makanan khas Sumatra. Masakan ini hampir mirip dengan kari, bahkan gulai terkenal sebagai kari ala Indonesia di mancanegara. Salah satu gulai yang memiliki banyak peminat adalah gulai kambing.

Gulai kambing memang salah satu makanan yang jadi favorit banyak orang, terutama di Indonesia. Apalagi ketika Iduladha atau Lebaran Haji, pastinya menu ini menjadi salah satu menu yang gak boleh absen di meja makan. Penasaran gimana cara membuat gulai kambing yang lezat dan sederhana? Yuk intip resep membuat gulai kambing yang lezat agar bisa membuatnya di rumah.

Resep Gulai Kambing Lezat Sederhana

Resep Gulai Kambing

wikimedia

Untuk membuat gulai kambing, hal yang pertama harus kamu siapkan yaitu daging kambing. Pilihlah daging pada bagian panggul, karena daging pada bagian ini lebih lunak dan baunya tidak setajam bagian lainnya.

Daging kambing memang identik dengan teksturnya yang alot dan baunya yang khas. Daging perlu diolah terlebih dahulu agar baunya hilang dan tekstur daging menjadi lebih empuk. Setelah itu daging siap untuk dimasak menjadi gulai kambing yang lezat.

Langkah pertama, Mak harus menyiapkan daging kambing, santan, dan bumbu halus. Bumbu ini terdiri dari rempah-rempah yang dihaluskan. Adapun rempah-rempah yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, jinten, dan ketumbar.

Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya untuk menumis bumbu halus. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga layu. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, serai, kayu manis, kapulaga dan pala. Tumis hingga harum.

Masukkan daging yang telah direbus, masak hingga kaku dan berubah warna, lalu tambahkan santan. Masak hingga daging kambing empuk. Gulai kambing pun siap disajikan. Mudah kan, Mak?

Bumbu Gulai Kambing Tanpa Santan

Seperti yang kita tahu, gulai kambing identik dengan perpaduan santan dan rempah-rempah. Namun, tidak semua orang bisa menikmati masakan yang mengandung santan. Hal ini dikarenakan santan mengandung lemak jenuh yang kurang baik untuk kesehatan.

Gimana ya caranya agar tetap bisa menikmati lezatnya gulai kambing, tanpa khawatir dengan lemak jenuh pada santan? Nah, berikut ini KawanMamak akan memberikan tips membuat bumbu gulai kambing tanpa santan, yang sederhana dan mudah Mak buat di rumah!

Untuk membuat gulai kambing tanpa santan, Mamak bisa mengganti santan dengan kemiri yang sudah disangrai. Haluskan kemiri bersama dengan rempah-rempah yang dihaluskan. Cara memasaknya hampir sama dengan gulai kambing pada umumnya, namun santan diganti dengan air. Kemiri yang sudah disangrai akan membuat kuah gulai mengental meskipun tidak menggunakan santan.

Tips Menyimpan Bumbu Gulai Kambing Agar Tahan Lama

Sering enggak sih, Mamak merasa ribet kalau harus buat bumbu gulai? Apalagi kalau Mak termasuk orang yang sering memasak gulai kambing, baik untuk konsumsi di rumah maupun untuk usaha. Pastinya membuat bumbu dalam jumlah besar menjadi alternatif supaya gak ribet. Tapi apa bumbu gulai bisa tahan lama? Simak, Mak! Berikut ini ada tips agar bumbu gulai bisa tahan lama.

  • Tumis bumbu hingga masak

Setelah bahan-bahan dihaluskan, tumis bumbu hingga benar-benar matang. Hal ini bertujuan untuk membunuh virus dan bakteri yang mungkin ada pada bahan yang Mak gunakan untuk membuat bumbu. Tujuanya, agar bumbu bisa tahan lebih lama.

  • Simpan di wadah tertutup

Setelah dimasak, biarkan bumbu di suhu ruangan agar dingin alami secara perlahan. Setelah dingin, simpan bumbu di wadah tertutup yang kedap udara. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya bakteri yang bisa merusak kualitas bumbu.

  • Simpan di dalam kulkas

Setelah disimpan di wadah tertutup, masukkan bumbu ke dalam kulkas. Jika ingin digunakan, Mak cukup mengambil bumbu menggunakan sendok bersih dan kering, kemudian simpan kembali di dalam kulkas. Penyimpanan dengan cara yang tepat dapat membuat bumbu gulai tahan hingga satu sampai dua pekan.

Gulai Kambing

Pixabay

Tips Mengolah Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Berbau

Selain bumbunya yang khas, kelezatan gulai kambing terletak pada daging kambing. Tekstur daging yang empuk dan tidak berbau akan menambah cita rasa masakan khas Indonesia ini.

Lalu bagaimana cara mengolah daging kambing agar dagingnya empuk dan tidak berbau? Yuk, Mak, simak tips berikut ini!

  • Jangan mencuci daging kambing

Mungkin tips ini agak aneh didengar, karena kita terbiasa mencuci bahan masakan terlebih dahulu sebelum dimasak. Namun berbeda dengan daging lainnya, daging kambing justru akan semakin alot dan berbau tajam apabila kita mencucinya terlebih dulu.

  • Lumuri daging dengan garam

Jika tetap ingin mencuci daging kambing sebelum diolah, Mak bisa melumuri permukaan daging dengan garam setelah selesai mencucinya. Kemudian diamkan daging yang sudah diberi garam selama kurang lebih satu jam.

Garam bisa membantu menetralisir bau tak sedap pada daging. Setelah itu, cuci kembali daging kambing hingga bersih.

  • Rebus bersama rempah-rempah

Untuk menghilangkan bau dan membuat tekstur daging menjadi empuk, Mak bisa merebus daging bersama dengan rempah-rempah. Caranya, rebus daging hingga mendidih, kemudian buang buih yang muncul di permukaan air.

Selanjutnya masukkan rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam dan batang serai ke dalam air rebusan. Pada saat merebus, sebaiknya pisahkan daging dengan jeroan, agar baunya tidak semakin tajam.

  • Bungkus dengan daun pepaya

Tips lainnya untuk menghilangkan bau dan membuat tekstur daging kambing menjadi lebih empuk adalah dengan memanfaatkan daun pepaya. Enzim yang terkandung dalam daun pepaya dipercaya mampu menghilangkan bau dan membuat daging menjadi lebih empuk.

Caranya cukup mudah, Mak tinggal membungkus daging kambing menggunakan daun pepaya sebelum mengolahnya. Diamkan beberapa saat, lalu daging siap untuk diolah.

  • Lumuri dengan air perasan jeruk nipis

Jeruk nipis juga mampu untuk menghilangkan bau dan membuat daging menjadi lebih empuk. Selain itu, jeruk nipis juga dipercaya mampu membunuh bakteri yang ada pada daging kambing mentah.

Caranya cukup mudah, Mak tinggal melumuri daging kambing dengan air perasan jeruk nipis secara merata. Setelah itu diamkan selama setengah jam. Daging kambing pun siap untuk dimasak.

  • Lumuri dengan parutan nanas

Cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan si raja buah, alias nanas. Getah nanas mampu melunakkan daging kambing yang alot. Caranya, parut nanas hingga halus, kemudian lumuri parutan nanas ke permukaan daging secara merata. Diamkan kurang lebih setengah jam, maka daging kambing siap untuk dimasak.

Bagaimana Mak? Sepertinya tidak terlalu rumit ya membuat bumbu gulai kambing dan mengolah dagingnya. Apalagi kalau Mamak pesan di rumah makan padang. Tinggal tunjuk, lalu makaaan!

Featured image : Photo by Andy Hay on Unsplash 

Leave a Comment