Anak Mamak

Inilah 10 Dampak Positif HP untuk Anak

Teknologi yang kian canggih membuat perasaan para Mamak semakin khawatir terhadap perkembangan psikologis anak. Di mana masa sekarang, anak lebih mudah untuk mengenal dunia luar melalui gadget, semisal HP.

Memegang HP untuk anak pada usia dini pun sudah menjadi hal lumrah, apalagi untuk siswa SD. Namun tidak dapat dipungkiri, kalau HP masih memberikan sumbangsih terhadap hal positif terkait perkembangan anak. Ini dia Mak, beberapa nilai positif dan negatifnya.

hp untuk anak

pexels-katerina-holmes-5905947

10 Dampak Positif Anak Memegang HP

Sebelum kita membedah apa saja nilai negatifnya, Mamak perlu tahu terlebih dahulu dampak positif gadget bagi anak, terlebih manfaat HP untuk anak-anak:

1. Melangsungkan Pembelajaran Daring

Zaman sudah berubah, begitu juga dengan dunia anak-anak. HP untuk Anak SD menjadi kebutuhan yang sangat urgen, demi berlangsungnya KBM yang wajib dilaksanakan daring semasa pandemi ini. Jadi, HP tidak bisa terelakkan lagi, bahwa ia sangat dibutuhkan.

2. Mencari Bantuan untuk Mengerjakan PR

Begitu juga ketika Mamak sedang memberikan materi kepada anak, sebagai tambahan. Pasti membutuhkan HP. Tidak seperti dahulu, ketika belajar dilaksanakan di sekolah, semua materi tentu full akan diberikan oleh seorang guru. Di mana sekarang, guru hanya bisa memberikan materi tunjangan, dan orang tualah yang berperan penting untuk memahamkan anak.

Maka adanya HP, sangat membantu tugas sekolah sekiranya orang tua tidak mampu atau tidak paham dengan materi yang diberikan oleh guru.

3. Belajar Kreatif

Manfaat HP bagi anak yang lainnya adalah untuk meningkatkan kreativitas anak-anak. Dengan HP, si kecil akan mengetahui hal yang baru. Apalagi bagi kalangan anak yang masih usia dini, pikiran mereka dapat dengan mudah merekam hal yang baru mereka ketahui. Tetapi tidak dapat dipungkiri juga, dampak negatif dari HP yang akan diutarakan di bawah ini.

4. Membuka Wawasan

Anak tidak akan serta merta kecanduan HP selama Mamak dan pasangan, sebagai orang tua, bisa mengendalikan penggunaannya. Dengan adanya HP, banyak pengetahuan baru yang bisa didapat anak-anak.

5. Menambah Pemasukan Keluarga

Yang tak kalah penting, ternyata dengan HP, seorang anak bisa menemukan pundi-pundi rupiah. Bahkan hanya dengan HP, misal bermain game, ternyata bisa juga loh dapat uang. Meski demikian, dampak negatifnya lebih besar.

Jika memungkinkan, Mamak bisa mengajari anak-anak menulis. Baik fiksi atau nonfiksi. Sekarang ini banyak sekali situs atau aplikasi yang bisa menampung tulisan anak-anak. Materinya bisa Mamak dapatkan dari berbagai sumber di internet.

Dengan anak mengenal HP sejak dini, apalagi sudah tahu rasanya cari duit dari HP dengan jalan menulis, mereka mungkin akan mencintai dunia literasi. Kegiatan menulis di HP juga tidak membutuhkan spesifikasi HP dengan harga yang tinggi.

Bahkan Mamak tak harus membelikan HP baru. Ada banyak HP second berkualitas yang bisa Mamak beli dengan harga lebih rendah. Informasi HP bekas bisa Mamak dapatkan di internet, lewat lapak online, media sosial, dll.

6. Belajar Komunikasi

Menggunakan HP, bagi kalangan anak-anak harus diarahkan oleh kedua orang tuanya. Nah Mamak juga bisa membiasakan anak menggunakan HP untuk berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, Mamak juga bisa mendekatkan anak-anak dengan saudaranya yang jauh. Sekarang ini, jarak bukan lagi masalah.

7. Menumbuhkan Semangat Belajar

Ada kalanya HP bisa menambah semangat belajar anak loh, Mak. Berilah mereka kesempatan untuk bermain HP sekira dua jam dalam sepekan. Tapi tetap diawasi ya, Mak.

8. Membuat Betah di Rumah

Hal positif lain, dengan adanya HP, ternyata bisa menghapus rasa khawatir Mamak terhadap ancaman kejahatan di luar sana. Sudah tak terhitung banyaknya kasus penculikan anak belakangan ini. Beraktivitas dengan HP membuat anak betah di rumah tanpa perlu diingatkan lagi.

9. Orang Tua Bisa Beraktivitas

Poin ke-9 ini tentu sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Terutama bagi anak usia dini yang harus terus diawasi. Sebagian Mamak yang harus bekerja sambil membawa anak, kadang HP dibutuhkan untuk menenangkan sang buah hati.

Tapi jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan sampai mengabaikan anak ya, Mak. Bagaimana pun, anak nomor satu. Lebih baik mendiskusikan kembali pekerjaan Mamak dengan pasangan daripada harus mengorbankan anak.

10. Tidak Cupu

Ada kalanya anak merasa rendah diri saat bergabung dengan teman-temannya, sementara mereka tidak memiliki HP, atau tak punya bahan obrolan seputar HP dan yang ada di dalamnya.

Ketika mereka pulang dan mengadu, ada rasa kasihan kan Mak. Tapi jika Mamak memilih menjauhkan anak-anak dari HP, tetap positif kok. Tinggal diatur saja komunikasinya, agar mereka bisa memahami.

Itulah beberapa manfaat teknologi untuk anak usia dini, maupun anak SD yang harus Mamak pikirkan dengan jeli. Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa ada sisi negatif yang harus Mamak perhatikan.

 

Sekilas Dampak Negatif Gadget bagi Anak-anak

Selain Mamak mengetahui dampak positif gadget bagi anak, tentu harus pula tahu sisi negatifnya. Hal ini agar si kecil tidak kebablasan dan merasa dibebaskan oleh orang tuanya. Nah apa saja sih sisi negatifnya, cek di sini, Mak!

dampak positif hp untuk anak

pexels-pixabay-159395

1. Membuat Anak Lupa Waktu

Poin yang pertama, tentu saja bermain HP yang berlebihan akan membuat anak-anak menjadi terbiasa sehingga lupa akan waktu. Bahkan waktu tidur pun terganggu karena terlalu asyik bermain HP.
Tidak hanya itu, si kecil juga bisa saja lupa waktu belajar. Sehingga kontrol dari orang tua dirasa sangat diperlukan.

2. Kecanduan

Kecanduan menjadi hal yang paling ditakuti orang tua. Sebab tidak hanya anak kecil saja, orang dewasa pun jika sudah merasa nyaman dengan bermain HP, bisa kecanduan.

Simak ciri dan efek anak kecanduan gadget di sini, Mak!

3. Menjadi Pembangkang

Waspadalah terhadap anak yang sudah tidak bisa dikendalikan interaksinya dengan HP. Karena bisa jadi, si kecil akan menganggap bermain HP adalah haknya. Sehingga tak bisa lagi mengatur waktu untuk kegiatan lain.

Nah, Mamak sudah tahu kan apa saja dampak positif dan negatifnya jika si kecil diperkenalkan dengan HP? Memberikan gadget bagi anak tentu harus dikontrol orang tuanya. Baik Mamak maupun pasangan.

Bagaimana pun, tanggung jawab dan kuasa rumah ada di tangan orang tua. Yuk, bijak dalam memercayakan HP untuk anak!

Leave a Comment