Mamak Cantik

Yuk Kenalan dengan Jenis-Jenis Makeup Bibir!

Apa saja jenis makeup bibir yang selama ini Mamak kenal? Ternyata untuk tampil dengan bibir cantik dan memukau, tidak hanya bisa dilakukan dengan satu jenis makeup saja, loh!

Lipstik dan lip balm hanyalah dua di antara berbagai jenis makeup bibir. Selain jenisnya yang beragam, fungsi dan manfaatnya juga macam-macam.

Agar Bibir Tetap Sehat dan Segar, Perhatikan Ini Mak!

Sekarang kita bahas dulu ya, Mak, bagaimana menjaga agar bibir tetap sehat dan segar, sebelum membahas makeup bibir. Karena dipoles seperti apa pun, jika bibir tidak sehat, maka hasilnya tidak maksimal. maka dari

  • Do and Don’t untuk Bibir Sehat Menawan

Bibir adalah salah satu bagian wajah yang sangat sensitif. Lapisan kulit luarnya yang tipis dan transparan membuatnya rentan terhadap pengaruh dari luar. Jika Mak ingin mendapatkan bibir sehat maksimal, jangan lakukan tiga hal berikut.

  • Malas Membersihkan Bibir

Seperti halnya bagian wajah lain yang dilapisi makeup, bibir juga perlu dibersihkan. Membiarkan sisa-sisa lipstik dan sejenisnya semalaman akan membuat bibir kusam dan menghitam.

Gunakan makeup remover khusus mata dan bibir dengan kandungan ringan dan anti alergi. Bersihkan bibir secara telaten sebelum tidur.

  • Malas Minum Air Putih

Air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi kecantikan, air putih membantu menjaga kesegaran dan kekenyalan kulit. Termasuk kulit bibir yang sensitif dan mudah kering. Jadi jangan sampai malas meminum air putih paling tidak delapan gelas sehari, ya, Mak!

  • Tidak Melindungi Bibir dari Polusi dan Sinar Matahari

Sebagaimana bagian kulit lainnya, bibir juga bisa terdampak oleh polusi dan sinar ultraviolet. Karena itu, jangan lupa untuk memulas lip balm yang mengandung tabir surya sebelum beraktivitas.

Gunakan masker jika Mamak berada di kawasan padat polusi atau asap kendaraan, untuk melindungi bibir dari efek buruknya. Selain itu, masker juga bisa melindungi saluran pernapasan Mamak, bukan?

  • Menarik-narik Kulit Bibir yang Terkelupas

Salah satu kebiasaan buruk adalah menarik-narik kulit bibir yang terkelupas. Walaupun bikin gemas, menarik kulit tersebut hanya akan membuat luka di bibir semakin besar dan berdarah.

Hati-hati, bibir juga bisa meradang.  Jika bibir kering dan terkelupas, banyaklah minum air putih dan oleskan madu atau lidah buaya untuk membuatnya tetap lembab.

Kebiasaan Rutin yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Bibir!

Sebaliknya, rutinlah melakukan hal-hal berikut agar kesehatan dan kesegaran bibir terjaga.

Perawatan Bibir

Photo by Vitalii Pavlyshynets on Unsplash

  • Meminum Air Putih yang Cukup

Air putih membantu menjaga kelembaban dan kekenyalan bibir, membantu metabolisme tubuh dan menjaga kadar air kulit agar tidak kering dan mengelupas.

  • Telaten Merawat Bibir dengan Bahan Alami

Ada banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat bibir. Gunakan pada malam hari sebelum tidur, agar nutrisinya terserap sempurna. Dan Mamak pun siap tampil esok hari dengan bibir menawan.

Madu, minyak almond, lidah buaya, dan minyak zaitun adalah empat bahan di antara banyak bahan alami yang bagus untuk kesehatan bibir.

  • Rajin Melakukan Scrubbing dan Memakai Masker Bibir

Bukan hanya kulit wajah yang harus rajin di-scrub dan dirawat dengan masker, bibir juga tidak ketinggalan. Mamak dapat melakukan proses scrubbing dan memakai masker bibir paling tidak seminggu sekali.

Bahan alami seperti madu, lemon, dan gula, dapat Mamak gunakan pada malam hari sebelum tidur. Atau membeli produk scrub bibir yang bisa Mak pilih di toko kosmetik kesayangan Mamak.

Scrubbing dan masker bibir berguna untuk melepaskan sel kulit mati dari bibir, menjaga warna alami bibir, dan mempertahankan kelembabannya.

Macam-Macam Makeup Bibir

Macam-macam Lipstik

Photo by Євгенія Височина on Unsplash

Setelah tahu bagaimana cara menjaga kesehatan bibir, saatnya kita berkenalan dengan macam-macam makeup bibir.

  • Lipstik

Kalau yang satu ini semua orang juga tahu, ya. Lipstik adalah makeup yang paling sering diaplikasikan ke bibir. Dilihat dari hasil akhirnya, ada tiga jenis lipstik yang biasa dipakai, yaitu :

  • Lipstik satin, memberi hasil akhir yang halus dan agak berkilau.
  • Lipstik matte, memberi hasil akhir yang terlihat padat, solid, tanpa kilau.
  • Lipstik glossy, memberi hasil akhir yang berkilau dan terkesan basah.

Mamak lebih suka yang mana?

  • Lip Stain

Lip stain atau lip tint mampu menempel sempurna hingga dua belas jam di bibir. Tapi jangan khawatir, formulanya tidak berat, kok. Hanya saja cenderung membuat bibir kering, jadi Mamak harus memakai lip balm terlebih dahulu.

  • Lip balm

Produk ini berfungsi melindungi bibir dari kekeringan. Beberapa produk juga dilengkapi dengan SPF hingga bisa menangkal efek buruk ultraviolet. Atau antioksidan dan vitamin E agar lebih menutrisi bibir.

Kini lip balm tidak hanya bernuansa sheer atau tanpa warna, tapi ada juga yang disebut dengan tinted lip balm yang memiliki warna lembut.

  • Lip gloss

Lip gloss adalah produk yang paling sering dipakai oleh remaja. Hasil akhirnya yang berkilau membuat bibir terlihat bagus walaupun warnanya tidak terlalu mencolok.

Kini lip gloss memiliki lebih banyak varian seperti glitter dan metalik. Lip gloss juga lebih cocok untuk mereka yang memiliki bibir kering karena sifatnya yang melembabkan. Lip gloss bisa pula diaplikasikan di atas lipstik untuk memberi kesan lembab dan basah.

  • Lip primer

Lip primer berfungsi untuk membuat lipstik lebih tahan lama, tidak mudah pudar dan belepotan saat bibir dipakai makan dan minum. Produk ini wajib Mamak miliki, jika Mak adalah tipe yang malas bolak-balik touch up makeup.

  • Lip liner

Lip liner atau pensil bibir memberi kesan warna yang solid dan presisi. Lip liner jug membuat tampilan lipstik menjadi lebih kuat.

Mamak juga bisa menutupi seluruh permukaan bibir dengan pensil bibir terlebih dulu, agar warnanya tetap melekat meski sehabis makan dan minum. Lalu oleskan  lip gloss setelahnya.

  • Lip mask

Lip Mask tidak berfungsi untuk menghias bibir, tapi merawatnya. Berfungsi membuat bibir menjadi lebih sehat, cerah dan lembut.

Mamak bisa rutin memakainya satu hingga dua kali seminggu, untuk mendapatkan bibir menawan.

  • Lip scrub

Lip scrub berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kembali bibir. Mamak dapat menggunakan lip scrub setiap beberapa hari sekali.

Lip scrub juga dapat digunakan untuk menghapus lip stain, agar hasilnya lebih bagus dan bersih.

  • Lip serum

Nah, dari namanya pasti tahu dong kegunaan produk ini. Lip serum berfungsi untuk memberi nutrisi pada bibir agar tetap kenyal dan sehat.

Produk ini sangat dianjurkan untuk Mamak yang berusia 30 tahun ke atas. Karena seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dan kadar kelembaban di bibir berkurang.

Setelah memakai lip mask atau lip scrub, Mamak bisa mengaplikasikan lip serum. Lebih baik lagi jika dipakai sebelum tidur.

  • Lip plumper

Produk ini tidak wajib sih, hanya diperlukan oleh mereka yang berbibir tipis, agar bibir terlihat lebih tebal dan seksi. Nah, dari semua jenis makeup bibir di atas, mana yang Mamak belum punya? Tentu saja pemakaiannya disesuaikan dengan cara atau keperluan Mamak, ya.

Namun makeup yang berfungsi merawat kesehatan bibir, bisa dikatakan wajib untuk Mamak miliki. Selamat berkreasi dengan warna-warni makeup untuk bibir hari ini!

featured image : Photo by Євгенія Височина on Unsplash

Leave a Comment