Mamak Cantik

Atasi Kulit Kering Mengelupas dengan 5 Trik Ini!

Mamak pernah mengalami kulit kering mengelupas? Tentu tidak nyaman ya, rasanya. Gatal, perih, panas menjadi satu.

Belum lagi warnanya yang kadang memerah. Membuat Mamak kelimpungan saat harus beraktivitas keluar rumah. Sebenarnya kenapa ya, kulit wajah kita bisa mengelupas?

Fyi, Mak, secara alami kulit kita memang mengelupas dan melepaskan diri. sel-sel kulit mati akan digantikan oleh sel kulit baru yang segar. Namun ada kalanya proses tersebut menyebabkan kulit kering mengelupas parah.

Selain terjadi di wajah, telapak tangan dan lengan, serta kaki adalah tempat yang juga sering mengalami kondisi ini. Paling tidak, ada 5 penyebab terkelupasnya kulit wajah kita.

Terlalu lama terpapar matahari

Matahari di siang yang terik bukan sahabat yang baik bagi kulit, terutama kulit wajah.

Terlalu lama terpapar sinar matahari, apalagi tanpa penggunaan tabir surya, akan merusak kulit. Menjadikan kulit berbintik-bintik hitam, kusam dan tentu saja kering hingga mengelupas.

Sun burn atau kulit terbakar cenderung menyakitkan. Rasa pedih dan tegang, serta warna merah akibat kulit yang terbakar, bisa bertahan hingga beberapa hari.

Alergi, baik karena makanan maupun obat-obatan

Terkadang alergi bukan hanya menyebabkan gatal-gatal dan bentol saja. Bisa jadi kulit pun mengelupas hebat. Terkadang diiringi dengan gatal, bitnik-bintik kecil, atau hanya mengelupas saja.

Eksim atau penyakit kulit

Eksim bisa diakibatkan karena faktor genetik atau bakteri akibat kebersihan yang kurang. Eksim aktopik dapat diatasi dengan pengolesan salep dan meminum obat.

Tapi sebaiknya kondisi ini ditangani serius dengan diperiksakan ke dokter ahli, agar tidak menjadi lebih parah.

Salah menggunakan kosmetik

Penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit, bisa juga menyebabkan kondisi kulit mengelupas secara mengenaskan.

Kondisi ini juga bisa dipicu oleh penggunaan merek kosmetik yang berganti-ganti, atau kosmetik dengan bahan kimiawi yang keras di kulit. Bahan ini dapat mengiritasi kulit.

Dehidrasi

Kekurangan cairan juga dapat memicu kondisi kulit kering hingga mengelupas. Air bukan hanya membantu menjaga kelembutan kulit, tapi juga menghindarkan kulit dari penuaan dini dan rasa tegang.

 

Selain lima penyebab di atas, kulit bisa juga mengelupas dan kering karena perlakuan yang salah. Misalnya saat mengeringkan tubuh sehabis mandi, menggunakan handuk yang keras dan kasar.

Mengeringkan wajah dengan cara menggosok-gosok handuk ke muka, apalagi handuk yang kasar, juga berpotensi membuat kulit menderita.

Kulit wajah relatif lebih lembut dari kulit bagian tubuh yang lain. Gunakan handuk lembut, usap ke muka dengan cara ditepuk-tepukkan ke wajah.

Sebaiknya jangan gunakan sabun yang keras atau terlalu banyak mengandung deterjen, baik untuk wajah, maupun bagian tubuh yang lain.

Cara Mengatasi wajah mengelupas

Photo by kilarov zaneit on Unsplash

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas dan Perih

Setelah mengetahui penyebab kulit kita mengering dan terkelupas, kini saatnya Mamak mengatasi hal tersebut.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih. Baik secara alami dengan bahan natural, atau dengan obat-obatan dan salep dari dokter.

Baca juga : Yang Perlu Mamak Tahu Tentang Bibir

Minum Cukup Air Putih

Paling tidak dalam sehari Mamak membutuhkan delapan gelas air. Bisa jadi lebih, sesuai berat badan dan aktivitas Mak seharian.

Kekurangan air putih bukan hanya membahayakan bagi tubuh, tapi juga menyiksa kulit. Kulit yang kekurangan cairan akan kehilangan kekenyalannya. Menjadi bersisik, mengelupas, terasa kaku, dan tegang.

Lebih jauh, kekurangan cairan akan menyebabkan penuaan dini. Risikonya cukup besar, bukan? Jadi jangan malas minum air putih, ya, Mak!

Cermati Dahulu Penyebabnya

Beda sebab, beda pula penanganannya. Kondisinya mungkin terlihat sama, tapi tanpa mencermati sebabnya, perawatan yang Mamak lakukan akan sia-sia.

Berikut adalah cara mengatasi kondisi tersebut, berdasarkan penyebab yang mungkin menjadi pemicunya.

  • Jika karena salah penggunaan kosmetik, maka hentikan pemakaian kosmetik tersebut.

Wajah yang terkelupas bisa dioles madu, atau madu yang dicampurkan lidah buaya agar peradangan terhenti. Juga agar rasa pedih dan gatal yang mungkin timbul bisa diredam oleh lidah buaya yang sejuk.

Jangan lupa, tidak perlu coba-coba dengan menggunakan berbagai jenis kosmetik!

  • Jika karena eksim atau faktor genetik, maka Mamak sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Dua permasalahan ini bisa jadi akan semakin parah jika diatasi dengan sembarang obat kulit mengelupas tanpa resep dokter.
  • Jika penyebabnya adalah alergi, maka hentikan memakai atau mengonsumsi allergen yang dapat memicu kondisi yang lebih parah.

Mamak bisa meminum obat antihistamin yang biasa Mamak konsumsi saat alergi Mak kambuh.

Jika kondisi kulit wajah Mamak cukup parah, sebaiknya periksakan ke dokter.

  • Jika penyebabnya karena terbakar matahari, terlalu sering mencuci muka, atau karena dehidrasi, Mamak bisa mengatasinya sendiri dengan mengoleskan krim lidah buaya setelah mengompres wajah dengan air es.

Untuk sementara, hindari dulu terik matahari, dan rutin gunakan pelembab wajah.

Selalu Gunakan Tabir Surya Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Sinar matahari pada jam-jam tertentu tidak baik untuk kulit. Risiko sun burn sangat besar walau Mamak berusaha untuk tidak selalu terpapar. Jangan lupa menggunakan tabir surya saat Mak beraktivitas di luar ruangan.

Paling tidak, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30. Jika cuaca sedang panas-panasnya, gunakan topi atau payung dan kacamata hitam untuk menghalau sinar teriknya.

Kacamata hitam juga membantu melindungi kulit di sekitar mata yang lebih sensitif, agar tidak cepat kering dan keriput.

Sekadar informasi, ulang kembali pemakaian tabir surya setiap empat hingga enam jam sekali. Pada rentang waktu tersebut, tabir surya sudah tidak efektif lagi menahan terik ultraviolet. Karena itu, ada baiknya Mamak selalu bawa tabir surya saat keluar rumah.

Agar kulit tidak kering

Photo by Linh Ha on Unsplash

Selalu Gunakan Pelembab Agar Kulit Tidak Kering

Di mana pun Mamak beraktivitas, walau hanya di rumah saja, tetap gunakan pelembab. Pelembab akan membantu mengunci kelembaban dan kadar air di kulit wajah sehingga kulit tidak kering.

Pelembab dengan kandungan SPF juga membantu melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang menelusup dari celah jendela dan ventilasi udara.

Untuk kulit dengan jenis kering hingga normal, menggunakan pelembab berbahan dasar minyak bisa dilakukan. Minyak akan membentuk lapisan tipis di permukaan kulit wajah, untuk mencegah penguapan air berlebihan.

Pilih Produk Perawatan Kulit yang Terbukti Aman Secara Dermatologis dan Klinis

Ini adalah syarat mutlak sebelum memakai sebuah produk kosmetik. Pastikan bahannya aman dan lembut untuk kulit Mamak.

Lihat nomor BPOM-nya dan pastikan asli. Uji coba penggunaannya dengan mengoleskan sedikit produk di belakang telinga, dan tunggu beberapa menit.

Berhati-hati jauh lebih baik daripada mengalami kulit wajah yang mengelupas dan menyakitkan, bukan?

Oke, Mak. Sekarang sudah jelas ya, apa penyebab kulit kering mengelupas dan bagaimana cara mengatasinya.

Yang pasti, jika berhubungan dengan kesehatan Mamak secara umum, sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih lengkap dan obat yang aman.

Jangan lupa pula untuk rutin merawat kulit dan wajah agar tetap kenyal dan terjaga kadar airnya. Dengan begitu, Mamak akan terhindar dari kulit kering mengelupas. Semoga bermanfaat.

 

 

Beberapa data diolah dari kompas dan alodokter

featured image : Photo by Edu Lauton on Unsplash

Leave a Comment