7 Manfaat Deterjen Cair Selain untuk Mencuci

| |

Selama ini yang kita tahu, penggunaan deterjen cair sama saja dengan deterjen bubuk. Sama-sama untuk mencuci pakaian. Bedanya hanya pada jenis kainnya, mana yang cocok dicuci dengan deterjen/detergen cair, mana yang bubuk. Gitu kan, Mak?

Ternyata selain soal cuci mencuci, detergen cair juga bisa dimanfaatkan untuk membantu Mamak mengerjakan pekerjaan lain. Apa saja? Yuk tarik layarnya perlahan!

Deterjen Cair

1. Membersihkan Kompor

Jika digunakan untuk mencuci pakaian, detergen cair tidak cocok digunakan bersamaan dengan produk pemutih. Lain hal jika detergen cair dipakai untuk membersihkan kompor, kuatnya bahan kimia dalam campuran justru dibutuhkan.

Caranya, campurkan detergen cair, pemutih, dan air ke dalam botol spray. Semprotkan pada kompor sebelum digosok. Gunakan spons kawat untuk hasil terbaik, Mak.

Cairan ini juga bisa Mamak gunakan untuk menyemprot paket yang datang, fungsinya untuk membunuh virus dan bakteri yang kemungkinan terbawa dalam proses pengiriman.

2. Mengatasi Saluran Air yang Mampet

Ada kalanya kotoran dari sisa makanan menyumbat saluran di bak cuci piring, membuat air menggenang dan berbau tak sedap. Sebelum memanggil teknisi, coba Mamak upayakan dulu dengan cara ini.

Tuang seperempat cangkir detergen cair ke saluran air yang mampet, lalu siram dengan air mendidih. Air panas dan detergen akan berkolaborasi melicinkan saluran agar kotoran lebih mudah turun.

3. Pembasmi Tungau

Hewan-hewan kecil memang tidak terlihat, tapi begitu mereka menempel pada kulit, baru kita mengakui keberadaannya. Seperti tungau yang dapat menyebabkan iritasi kulit, mereka suka bersembunyi di tempat tidur.

Mamak tak perlu berburu tungau dengan kaca pembesar, cukup sediakan botol spray lalu isi dengan campuran minyak kayu putih dan detergen cair. Semprotkan cairan pada permukaan yang sekiranya dihuni hewan-hewan tersebut, lalu seka dengan kain bersih.

Jika tak suka aroma minyak kayu putih, Mamak bisa menggantinya dengan tea tree oil. Keduanya memiliki efek yang sama untuk membasmi tungau.

4. Pengusir Serangga

Cairan berikutnya tidak dimaksudkan untuk membunuh hewan pengganggu, melainkan hanya mengusir mereka agar tidak membuat sarang di dapur maupun area lain rumah Mamak.

Campurkan 5-10 tetes minyak pepermin dengan seperempat sendok teh detergen cair, tambahkan air. Tempatkan cairan ke botol spray, lalu kocok. Semprotkan cairan tsb pada area yang sering dilalui serangga.

Selain minyak pepermin, Mamak juga bisa memanfaatkan minyak serai atau lavender, dengan campuran dan cara yang sama guna mengusir serangga dari rumah.

5. Eksperimen

Pandemi membuat anggota keluarga harus lebih banyak di rumah. Jangan lupa bermain dengan anak, Mak! Salah satu contoh permainan mendidik adalah melakukan eksperimen. Tidak repot kok, Mak! Cukup siapkan susu murni, pewarna makanan, detergen cair, piring, dan cotton bud.

Tuang susu pada piring, lalu tetesi pewarna makanan. Ambil cotton bud, celupkan pada detergen cair. Kemudian tekan cotton bud yang telah dicelup detergen ke tengah-tengah piring. Susu akan berputar membentuk pola warna-warni.

Mamak bisa menjelaskan ke anak-anak, bahwa detergen bereaksi dengan molekul lemak sehingga susu bergerak. Jadi, jangan pakai susu bebas lemak ya!

6. Membersihkan Kacamata

Caranya sangat sederhana. Mamak cukup mengoleskan sedikit detergen cair pada lensa kacamata yang buram, lalu seka dengan arah memutar menggunakan tisu kering yang lembut. Lensa kacamata dijamin bening kembali, tanpa goresan!

7. Membersihkan Kasur

Ompol atau cairan apa pun jika tumpah pada kasur, jelas sulit dibersihkan. Tapi ada banyak cara untuk membuatnya mudah. Salah satunya dengan membuat cairan pembersih dari detergen cair, peroksida, dan soda kue.

Campurkan 235 ml hidrogen peroksida 3% dengan tiga sendok makan soda kue, masukkan dalam botol spray. Pada noda kasur, teteskan sedikit detergen cair, lalu semprotkan cairan dari botol spray. Diamkan sekira 5-10 menit, lalu keringkan.

Previous

Cara Mengatasi Komedo di Hidung

Inilah 10 Dampak Positif HP untuk Anak

Next

Leave a Comment