5 Cara Alami Menghilangkan Rambut Wajah

| |

Ada 5-10% perempuan yang wajahnya ditumbuhi bulu pada area yang seharusnya tidak atau minim ditumbuhi rambut. Mamak termasuk di antaranya? Tenang, selalu ada cara mengatasi masalah. Termasuk cara menghilangkan rambut wajah yang akan Mamak temukan di artikel ini.

Kondisi demikian disebut hirsutisme. Pada kasus yang tidak berlebihan, sebenarnya banyak perempuan yang justru merasa unik dengan keberadaan bulu-bulu halus pada area bawah hidung, depan telinga, maupun area lainnya.

Namun tidak sedikit pula yang merasa risih hingga memengaruhi rasa percaya diri. Biasanya mereka memilih melakukan waxing, mencukur, dan yang semacamnya, meski proses tersebut memberi efek sakit dan kecenderungan bulu tumbuh lebih banyak.

Mamak termasuk yang tidak menyukai bulu atau rambut halus pada wajah? Ada banyak cara untuk mengatasi hirsutisme ringan, termasuk menghilangkan rambut wajah dengan bahan alami, yang tentunya lebih aman. Berikut lima di antaranya!

Menghilangkan Rambut Wajah dengan Kacang Hijau dan Air Mawar

menghilangkan rambut wajah

Kacang hijau memiliki kemampuan pengelupasan yang baik, sedangkan air mawar mampu menghambat pertumbuhan bulu. Kedua bahan ini cocok untuk semua jenis kulit.

Caranya, campurkan 2 sdm tepung kacang hijau dan 2 sdm air mawar. Tambahkan sedikit perasan lemon, hingga seluruh bahan membentuk pasta.

Oleskan pada wajah yang ditumbuhi rambut, diamkan sekira 20-25 menit sebelum dibilas. Lakukan treatment ini 3-4 kali seminggu, Mak.

Menghilangkan Rambut Wajah dengan Madu dan Gula

menghilangkan rambut wajah

Bisa dibilang, ini adalah waxing alami dengan masker peel off buatan sendiri. Masukkan 2 sdm gula pasir ke dalam mangkuk, tambahkan 1 sdm madu dan sesendok air. Masukkan campuran ke dalam microwave sekira 30 detik saja, agar gula larut sepenuhnya.

Oleskan campuran pada bagian yang diinginkan, letakkan selembar kain di atasnya. Tunggu beberapa detik, lalu tarik ke arah yang berlawanan dengan arah tumbuhnya rambut.

Menghilangkan Rambut Wajah dengan Oatmeal dan Pisang

menghilangkan rambut wajah

Oatmeal memberi efek yang mirip dengan scrub, sedangkan pisang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kulit. Keduanya aman untuk jenis kulit apa pun.

Cara menghilangkan rambut wajah dengan bahan ini cukup mudah. Campurkan 2 sdm oatmeal dan satu buah pisang yang sudah dihaluskan. Oleskan campuran tersebut dengan gerak memutar, lalu diamkan sekira 15-20 menit. Bilas wajah dengan air dingin, ulangi perawatan yang sama 1-2 kali dalam sepekan.

Menghilangkan Rambut Wajah dengan Telur dan Maizena

menghilangkan rambut wajah

Khusus campuran ini, tidak direkomendasikan untuk Mamak yang berkulit sensitif. Cara membuatnya, campurkan 1 butir telur bagian putihnya saja dengan setengah sdm tepung maizena. Tambahkan 1 sdm gula pasir, aduk hingga menjadi pasta halus.

Oleskan campuran pada bagian wajah yang diinginkan, diamkan selama 20 menit. Setelah pasta mengeras, lepaskan dari kulit. Putih telur akan melekat kuat dan membawa rambut pada wajah saat dilepaskan. Campuran ini juga cocok untuk mengurangi komedo loh, Mak.

Menghilangkan Rambut Wajah dengan Pepaya dan Kunyit

menghilangkan rambut wajah

Bahan berikutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan rambut wajah adalah pepaya dan kunyit. Keduanya sama-sama mudah didapatkan ya, Mak, jadi makin mudah proses membersihkan wajah dan kulit Mamak dari bulu atau rambut yang tidak diinginkan.

Caranya, potong-potong satu buah pepaya kemudian haluskan. Tambahkan setengah sdm kunyit bubuk, campur hingga menyatu. Oleskan campuran pada wajah, pijat lembut.

Diamkan 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Bahan ini aman untuk semua jenis kulit dan dapat dilakukan 2 kali dalam sepekan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Bulu atau rambut halus pada wajah maupun bagian tubuh lainnya tidak selamanya buruk kok, Mak. Selagi Mamak melakukan perawatan, bersabarlah, karena proses ini tentu memakan waktu. Tak ada alasan untuk kehilangan rasa percaya diri hanya karena masalah sepele.

Selain melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rambut wajah, imbangi pula kecantikan Mamak dengan sikap dan wawasan yang baik. Inner beauty jelas tak ada tandingannya!

Previous

Cara Tepat Menghadapi Anak Tantrum

Ini Mak, 10 Tips Menjadi Tua Tanpa Penyakitan

Next

Leave a Comment