Ini Mak, 10 Tips Menjadi Tua Tanpa Penyakitan

| |

Menjadi tua adalah hal yang wajar. Siapa saja akan menjadi tua dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Tubuh akan mengalami penurunan fungsi perlahan-lahan seperti otot yang tidak lagi kuat dan tenaga tubuh secara menyeluruh akan anjlok. Namun, kita bisa kok Mak, menua dengan normal dan tetap sehat tanpa harus sering mengalami sakit.

menjadi tua tanpa penyakitan

Tips Menjadi Tua tapi Tetap Sehat

Menjadi tua adalah hal yang wajar dan pasti dialami oleh semua orang. Namun, menjadi tua dengan sehat belum tentu bisa dilakukan oleh banyak orang. Karenanya kita harus tahu bagaimana cara menua dengan sehat dan menikmati pertambahan usia tanpa harus sering berteman dengan rumah sakit. Lalu apa yang harus dilakukan? Ini 10 tipsnya, Mak!

1. Tetap melakukan olahraga.

Salah satu aktivitas fisik yang sering sekali kita tinggalkan adalah olahraga. Apalagi saat sudah bekerja dengan keras dan tubuh kelelahan. Olahraga lebih jarang dilakukan lagi sehingga daya tahan tubuh mengalami penurunan. Akhirnya kita malah sering mengalami sakit dan gangguan tubuh lainnya.

Meski sudah tua sekalipun, Mamak tetap disarankan untuk melakukan olahraga sebanyak 150 menit setiap pekan. Jenis olahraga yang bisa Mamak lakukan mulai dari aerobik untuk kesehatan jantung, hingga angkat beban untuk kesehatan otot dan tulang.

2. Memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh.

Apa yang kita makan akan menentukan kondisi kesehatan tubuh yang kita miliki. Kalau Mamak selama masih muda makan apa saja tanpa memperhatikan kandungan nutrisinya, bisa saja tubuh mengalami obesitas atau malah kekurangan nutrisi. Oleh karena itu perhatikan apa saja makanan yang masuk agar gizinya cukup.

Kalau Mamak makan sembarangan dan mengalami obesitas, kemungkinan besar akan mudah mengalami penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi hingga diabetes. Oleh karena itu, Mamak disarankan untuk melakukan diet yang seimbang dan memasak sendiri makanan yang disantap setiap harinya.

3. Menjaga kesehatan mental.

Jika Mamak merasa sedang ada masalah dengan pikiran dan menyebabkan tubuh jadi sakit atau tidak produktif, jangan diam saja. Berkonsultasilah pada ahlinya! Pikiran yang sehat akan memengaruhi fisik yang Mamak miliki agar lebih sehat dan tidak mudah sakit.

4. Sebisa mungkin untuk menghindari stres berlebihan.

Stres bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari masalah yang terjadi di rumah hingga masalah pekerjaan di kantor. Seseorang yang mengalami stres akan cenderung menghasilkan kortisol yang memicu inflamasi di tubuh. Kalau inflamasi terus terjadi, kemungkinan besar menyebabkan masalah pada pola tidur hingga daya tahan tubuh yang anjlok.

Lakukan pelesir saat membutuhkan hiburan, atau meditasi selama beberapa menit agar tubuh lebih mudah dikendalikan.

5. Berhenti merokok dan minum minuman keras.

Rokok dan alkohol adalah dua kombinasi yang paling sering menyebabkan masalah pada tubuh. Pada pencandu rokok, racun akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan banyak sekali masalah. Mulai dari masalah paru-paru, gangguan pada sistem reproduksi, gangguan kemampuan seks, hingga memicu kanker.

Minuman beralkohol lebih buruk lagi, mampu meningkatkan gula darah, memicu penyakit diabetes, dan menyebabkan sirosis hati. Jauhi keduanya, maka Mamak akan lebih sehat!

6. Tidur yang cukup.

Tidurlah yang cukup setiap hari. Kita disarankan untuk tidur sebanyak 6-8 jam setiap harinya. Tidur yang berkualitas membantu kinerja organ tubuh dan regenerasi sel. Mamak akan memiliki daya tahan tubuh yang baik dan jarang sekali sakit.

7. Menjalin hubungan yang baik.

Disadari atau tidak, hubungan yang baik antara diri sendiri dengan pasangan serta orang lain akan memberikan sumbangsih pada kesehatan. Kalau orang yang ada di sekitar Mamak cenderung baik dan tidak menyebabkan masalah, gangguan pada pikiran atau mood tidak akan terjadi. Dampaknya, Mamak menjadi jauh lebih sehat.

8. Minum air yang cukup.

Selalu penuhi kebutuhan air setiap harinya. Memenuhi kebutuhan air bagi tubuh memberi manfaat yang sanngat berarti untuk kulit dan sistem pencernaan. Agar terhindar dari dehidrasi, minumlah sedikitnya 8 gelas air dalam satu hari.

9. Menjaga kesehatan kulit dan mulut.

Kulit adalah organ pertama dari tubuh yang dihinggapi dan dijadikan jalan infeksi oleh penyakit. Begitu pula dengan mulut, yang merupakan tempat masuknya bakteri serta patogen berbahaya lainnya. Menjaga kesehatan kulit dan mulut sama artinya dengan menjaga tubuh secara keseluruhan, luar dan dalam.

10. Cek kesehatan secara rutin.

Guna menghindari penyakit-penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan minimal setahun sekali. Dengan pemeriksaan rutin, Mamak dapat mengontrol dan menjaga kondisi tubuh hingga tua.

Itulah beberapa ulasan tentang cara menua dengan sehat dan tubuh tidak mudah penyakitan. Menerapkan 10 tips di atas bermanfaat di masa yang akan datang. Bisa jadi, bertambahnya usia tidak berpengaruh besar pada kemampuan Mamak beraktivitas. Nah, dari beberapa tips tersebut, adakah yang pernah Mamak lakukan sebelumnya?

Previous

5 Cara Alami Menghilangkan Rambut Wajah

Jangan Lewatkan, Ini Persiapan Sebelum Melahirkan!

Next

Leave a Comment