Mamak Modis

5 Cara Potong Rambut Wanita di Rumah

Siapa sangka, ternyata ada cara potong rambut wanita yang bisa Mamak lakukan sendiri di rumah loh. Mengingat kita saat ini masih dalam masa pandemi, sehingga memaksa Mak untuk berdiam diri di rumah dan menjauhi kerumunan.

Pergi ke salon tentu tidak dianjurkan, tetapi rambut yang sudah terlalu panjang atau ingin segera mengganti gaya rambut kadang tak terelakkan. Solusinya adalah dengan bereksperimen sendiri di rumah.

Saat ini Mamak dapat dengan mudah menemukan referensi model potong rambut wanita di internet. Meskipun cara potong rambut di rumah bagi wanita cukup berisiko. Tapi, apa salahnya untuk dicoba. Ya kan, Mak?

Cara Mudah Potong Rambut Sendiri di Rumah dengan Ragam Model

 

 

5 Cara Potong Rambut Wanita di Rumah

5 Cara Potong Rambut Wanita di Rumah

Ada begitu banyak model rambut wanita, baik itu rambut panjang, rambut sedang, maupun rambut pendek. Ada yang tanpa poni maupun dengan poni. Ketika Mamak ingin menentukan model rambut, pastikan sesuaikan dengan bentuk wajah Mak ya!

Berikut ini adalah 5 cara potong rambut wanita yang bisa Mamak lakukan sendiri di rumah. Mak hanya perlu menyiapkan gunting yang tajam, cermin, sisir, hair dryer, serta penjepit rambut.

1. Cara Potong Rambut Pendek bagi Wanita

Ada sebagian wanita yang menyukai model potong rambut pendek. Kalau Mamak salah satu di antaranya, dan ingin melakukannya sendiri di rumah, pastikan sudah memahami bentuk wajah Mak dahulu ya.

Setelah itu, baru Mamak bisa menentukan model rambut seperti apa yang diinginkan. Setelah menentukan pilihan model, cuci bersih rambut kemudian tunggu hingga setengah kering. Atau Mamak juga bisa menggunakan hair dryer.

Siapkan alas kertas untuk mewadahi rambut yang dipotong. Kemudian pilih gunting yang tajam, lalu mulailah memotong dari ujung rambut hingga batas yang Mamak inginkan. Jangan lupa dirapikan.

Selain memotong rambut pendek biasa, Mamak juga bisa bereksperimen dengan potong rambut ala artis Korea. Kalau Mak perhatikan, model rambut artis Korea ada beragam. Salah satunya jenis model rambut bob.

Supaya lebih terkesan seperti artis Korea, Mamak juga bisa mengecat rambut menjadi warna cokelat tua atau cokelat karamel. Potongan pendek rambut bob dan warna cokelat tentu akan membuat Mamak tampil lebih cantik.

2. Cara Potong Rambut yang Bercabang

Punya rambut panjang yang indah dan sehat tentu dambaan semua wanita. Tapi, ada saja wanita yang risau dengan berbagai permasalahan rambut, salah satunya adalah rambut yang bercabang.

Pada dasarnya cara potong rambut bercabang butuh perlakuan khusus, karena Mamak perlu memotong ujung rambut yang sudah “tua” agar rambut dapat tumbuh lebih sehat. Selain itu, proses pemotongan ujung rambut yang bercabang ini juga perlu dilakukan secara rutin.

Setiap kali Mamak menyadari jika ujung rambut sudah mulai bercabang lagi, Mak bisa melakukan langkah ini untuk memangkas rambut bercabang.

Kabar baiknya, Mamak tidak harus pergi ke salon untuk memotong rambut bercabang ini. Karena Mak bisa melakukannya sendiri di rumah. Simak caranya berikut ini:

Sebelum mulai memotong rambut yang bercabang, siapkan gunting tajam supaya proses pemotongan dapat berjalan dengan lancar. Mamak juga butuh sisir untuk merapikan rambut yang akan dipotong.

Pastikan rambut tidak terlalu berminyak atau terlalu basah saat disisir ya, Mak. Sisir rapi rambut, mulai dari rambut yang kusut. Kemudian ikat rapi dengan karet rambut di belakang.

Untuk bisa lebih leluasa saat memotongnya, Mamak bisa membawa rambut ke sisi depan dan mulailah memotong rambut yang bercabang.

Cara mudah supaya Mamak dapat memotong bagian ujung yang bercabang adalah dengan mengambil rambut secukupnya, kemudian membuat lilitan rambut. Dengan cara, ini ujung rambut akan lebih mudah terlihat.

Setelah selesai memotong setiap ujung rambut, lepas ikatan dan sisir supaya rambut yang terpotong dapat terjatuh semua. Kemudian oleskan pelembab supaya rambut tidak kering dan tahan lama tidak bercabang lagi.

3. Cara Potong Rambut Blunt Bangs

Model potong rambut wanita yang satu ini bernama blunt bangs, yakni poni yang dipotong lurus ke dahi. Biasanya poni ini akan berhenti pada sekitar alis, dan mungkin akan lebih naik lagi untuk beberapa orang.

Biasanya wanita dengan dahi cukup lebar memilih model poni blunt bangs supaya dapat menutupi dahi dan membuat perhatian orang lebih fokus pada mata dan bentuk wajahnya, khususnya saat si wanita tersenyum.

Mamak juga bisa mencoba model rambut ini sendiri di rumah. Seperti pada poin-poin sebelumnya, pastikan Mak telah menyiapkan peralatannya, ya!

Peralatannya berupa gunting yang tajam, sisir, cermin dan hair dryer jika dibutuhkan. Memotong rambut sendiri di rumah memang cukup berisiko, apalagi bagian poni. Karena jika keliru, akan sangat mudah terlihat.

Tapi tenang saja, jika Mamak hati-hati dan mengetahui caranya, hasil yang Mak dapat pasti tidak akan mengecewakan. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Pertama, menghadaplah ke cermin dan ambillah sebagian rambut bagian depan yang akan dijadikan poni dengan model blunt bangs. Agar pengambilan bagian rambut lebih rapi dan simetris, Mamak bisa menggunakan sisir dengan ujung lancip.

Mula-mula tempatkan ujung lancip sisir di bagian tengah kepala bagian depan, kemudian ambil bagian rambut miring ke samping hingga mengenai ujung alis. Kemudian jepit rambut bagian yang lebih banyak dengan penjepit rambut.

Lakukan hal yang sama untuk mengambil pada sisi lainnya, kemudian jepit rambut yang lebih banyak dengan penjepit. Setelah itu, ambil semua rambut yang sudah terkumpul di bagian depan, kemudian lilitkan setengah putaran. Lalu gunting hingga mencapai batas yang Mamak inginkan.

Kedua, buka rambut bagian depan yang Mamak pegang dan biarkan terurai. Jika ujung rambut masih belum rapi, Mak bisa mengambil sisi kanan dan kiri rambut, kemudian rapikan lagi dengan gunting. Potong bagian ujung rambut yang panjangnya tidak sama.

Pada bagian tengah, Mamak bisa merapikannya dengan cara memotong membentuk setengah lingkaran. Rapikan ujung rambut hingga Mak sudah merasa puas dengan bentuknya.

Ketiga, supaya hasil akhir lebih bagus, Mamak bisa menggunakan sisir bulat dan kemudian gunakan hair dryer agar bagian poni dapat mengembang sempurna. Lakukan hal yang sama untuk bagian sisi kanan dan kiri poni.

4. Cara Potong Rambut Parted Bangs atau Poni Samping

Parted bangs adalah salah satu jenis poni dengan cara membelah poni menjadi dua. Untuk bisa memiliki gaya poni parted bangs, tentunya Mamak harus memiliki poni yang cukup panjang.

Mak bisa membelah poni dari tengah, ataupun dari bagian sisi kanan atau kiri. Dengan membelahnya menjadi dua, maka poni akan jauh dari mata dan tidak begitu menutupi dahi. Perlu Mamak ketahui, semakin panjang poni, maka tampilan Mak akan nampak semakin lebih dewasa.

Cara mudah memotong poni samping sendiri di rumah mirip dengan cara membuat blunt bangs di atas. Yakni pertama pisahkan rambut bagian depan, karena rambut depan inilah yang akan dijadikan poni.

Setelah mendapat rambut yang cukup untuk dijadikan poni, sisir sisa rambut ke belakang sehingga tidak menyatu dengan rambut bagian depan. Kemudian ikat sisa rambut tersebut menjadi ponytail.

Langkah kedua yang bisa Mamak lakukan adalah memelintir rambut bagian depan, dan mulailah potong rambut secara diagonal. Supaya hasilnya tidak terlalu pendek, Mak bisa memotongnya secara bertahap.

Setelah itu, langkah ketiga adalah membagi poni menjadi dua, dan potong masing-masing sisinya. Ambil sisi kanan terlebih dahulu, kemudian gunting ujungnya secara vertikal. Lalu lakukan hal yang sama untuk sisi kiri.

Jika kedua sisi sudah menghasilkan potongan poni yang rapi, Mamak bisa menatanya dengan bantuan flat iron atau roll rambut, supaya rambut nampak lebih bervolume.

5. Cara Potong Rambut Layered Bangs

Bagi si pemilik rambut panjang, banyak model potong rambut wanita yang bisa dicoba. Salah satunya potong rambut layered bangs atau poni dengan layer.

Jenis model rambut seperti ini cocok sekali untuk pemilik wajah dengan garis rahang persegi. Karena tidak hanya akan membuat wajah terlihat awet muda, tapi dengan poni layer orang yang melihat juga akan berfokus pada pusat wajah Mamak.

Cara potong rambut layered bangs ini kurang lebih sama seperti cara potong poni yang sebelumnya telah dibahas. Hanya saja yang membedakan, saat mengambil rambut bagian depan, Mamak bisa mengambilnya lebih banyak hingga pada bagian sisi kanan dan kiri.

Karena kunci dari potong rambut layered bangs ini adalah kita membuat poni memiliki layer, maka jika dilihat poni bagian depan akan lebih pendek dibanding bagian belakangnya.

Tidak perlu bingung untuk memulainya, dengan penuh percaya diri ambil saja rambut bagian depan dan samping kanan kiri, kemudian potong ujung rambut pada bagian tengah terlebih dahulu.

Setelah mendapatkan hasil yang pas, ambillah sisi kanan lalu potong ujung rambutnya dengan arah diagonal. Lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.

Jika Mamak merasa bagian depan masih kurang pendek dibanding dengan bagian belakang, Mak bisa mengulangi untuk memotong ujung rambut bagian tengah. Jangan lupa, belah rambut poni sehingga Mamak akan mendapatkan hasil yang simetris antara sisi kanan dan kiri.

Potongan rambut seperti ini akan membuat tampilan Mamak lebih elegan, apalagi saat Mak tersenyum. Yakin tidak ingin mencoba model potong rambut wanita yang satu ini?

Itulah beberapa cara potong rambut yang bisa Mamak lakukan di rumah. Meskipun berisiko, tapi apa salahnya mencoba eksperimen dengan rambut Mak sendiri.

Jika hasilnya tidak memuaskan, jangan bersedih. Karena toh rambut Mamak akan tumbuh lagi, atau Mak bisa memperbaikinya di salon. Dengan mematuhi protokol kesehatan, tentunya.

Gaya Rambut paling Nyaman untuk Wanita Berjilbab

5 Cara Potong Rambut Wanita di Rumah

Piqsels

Semua wanita tentunya ingin memiliki gaya rambut yang menarik, begitu juga bagi wanita berhijab. Khususnya bagi mereka yang menutupi kepalanya dengan jilbab, mungkin gaya rambut menjadi fokus kedua. Karena yang paling utama adalah memilih gaya rambut yang paling nyaman untuk mereka.

Pasalnya, wanita berjilbab sehari-hari biasanya jarang mengurai rambut mereka. Sehingga cara potong rambut wanita berjilbab perlu untuk diperhatikan. Hampir semua wanita berjilbab akan mengikat rambut mereka, maka menentukan gaya rambut itu penting.

Traditional Braid

Gaya rambut pertama yang paling nyaman untuk wanita berjilbab adalah traditional braid atau rambut kepang. Dengan mengepang rambut, tentunya tidak akan merusak tatanan jilbab Mamak.

Gaya traditional braid ini cocok sekali untuk Mamak yang memiliki rambut panjang dan mengembang. Jangan khawatir ya, gaya rambut ini tidak akan merusak struktur rambut Mamak kok.

Justru tatanan rambut yang dikepang ini terbukti sangat efektif untuk mengurangi ketegangan di area kepala. Sehingga tidak akan menimbulkan rasa pusing meskipun terlalu lama mengenakan jilbab.

Keuntungan lain dari menggunakan gaya rambut traditional braid adalah rambut di sekitar pelipis dan dahi tidak akan muncul ke luar jilbab.

Ponytail

Mungkin Mamak tak asing dengan istilah gaya rambut yang satu ini; ponytail. Jika rambut Mamak sepanjang bahu, tatanan gaya rambut ponytail sangat pas Mamak pilih saat mengenakan jilbab.

Ponytail atau ikatan ekor kuda ini dapat Mamak lakukan dengan mengumpulkan seluruh rambut ke bagian belakang kepala agak atas, dan mengikatnya menjadi satu.

Dengan rambut yang terikat rapi di belakang, maka Mamak dapat mengenakan jilbab dengan rapi tanpa khawatir rambut keluar-keluar.

Jika Mamak berpikir gaya rambut seperti ini membuat kepala pusing, Mak bisa mengakalinya dengan mengikat rambut tidak terlalu tinggi. Ikatlah rambut sejajar dengan garis telinga.

Clipped Back

Memiliki rambut panjang mungkin terlihat menarik, tetapi banyak juga wanita yang lebih menyukai gaya rambut pendek. Tak ada salahnya memilih antara kedua pilihan tersebut.

Bagi Mamak yang lebih nyaman dengan rambut pendek, usahakan untuk tidak memotong rambut terlalu pendek ya, jika ingin mengenakan jilbab. Karena rambut yang terlalu pendek seperti model pixie akan menyulitkan Mamak saat ingin mengikat rambut.

Justru gaya rambut seperti itu akan membuat rambut mudah keluar jilbab, dan Mamak tentu tidak akan nyaman dengan keadaan seperti itu.

Gaya rambut pendek dapat Mamak manfaatkan dengan clipped back. Yakni menggunakan jepit rambut dan bando supaya dapat menyingkirkan rambut, agar tidak keluar dari jilbab.

French Braid

Ada satu lagi gaya rambut yang bisa digunakan bagi wanita berjilbab, yakni french braid. Gaya rambut ini terbilang aman untuk menjaga rambut kamu supaya tidak keluar jilbab.

Kepangan rambut ala Prancis ini lebih memendekkan rambut Mamak dibanding kepangan tradisional. Oleh karena itu, sangat cocok bagi Mamak yang memiliki rambut lumayan panjang.

Perlu Mak ketahui, gaya rambut french braid banyak dipilih karena akan menambah volume rambut saat tertutupi jilbab, loh! Selain itu, saat Mamak melepas jilbab, rambut akan tetap rapi dibanding Mak hanya menggelungnya saja.

Bagaimana setelah mengetahui lima cara potong rambut wanita sendiri di atas? Mau coba?

Dari sekian cara potong rambut wanita di rumah dan beragam gaya rambut untuk wanit berjilbab di atas, mana yang akan Mamak pilih? Pada dasarnya semua potongan rambut itu bagus, jika sesuai dengan bentuk wajah Mamak.

Dengan menerapkan cara di atas, apa pun gaya potong rambut yang Mamak pilih dan dilakukan sendiri di rumah, pasti akan membuat Mamak menjadi wanita yang tampil lebih cantik, elegan, dan tentunya nyaman.

Kesimpulan

Saat masa pandemi seperti ini, gerak langkah kita memang terbatas, anjuran untuk berdiam di rumah dan tidak dulu berkerumun memang patut dilakukan.

Tapi, hal tersebut tidak lantas mengurung niat Mamak untuk mengubah gaya rambut. Karena Mak bisa memotong rambut dengan pilihan lima cara potong rambut wanita yang telah dijelaskan di atas. Selamat mencoba, Mak!

https://www.youtube.com/watch?v=HUZPi1KspcQ

 

Featured image : Photo by Element5 Digital on Unsplash

Leave a Comment