Masakan Mamak

7 Resep Masakan Simpel Berbahan Dasar Telur

Memasak sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Memasak adalah kegiatan mengolah bahan makanan agar bisa dikonsumsi.

Biasanya nih, memasak merupakan skill wajib bagi kaum hawa, terutama para ibu-ibu. Terus gimana dong kalau perempuan gak bisa masak?

Tenang aja, di sini ada resep masakan sederhana untuk pemula yang pastinya cocok buat pada Mamak yang baru belajar masak. Mak bisa mulai belajar memasak dengan memanfaatkan bahan-bahan yang biasa Mak temui di rumah.

7 Resep Masakan Simpel Berbahan Dasar Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diolah dengan harga relatif murah. Sebagai pemula, Mamak bisa membuat masakan sederhana yang berbahan dasar telur.

Berikut adalah resep olahan telur yang bisa Mamak coba buat di rumah:

  1. Telur Balado

Mamak sudah familier kan dengan sambal balado? Biasanya sambal balado dipadukan dengan daging, ikan, ataupun telur.

Nah, kali ini KawanMamak akan kasih tahu cara membuat telur balado yang lezat dan bisa Mak coba buat di rumah.

Telur Balado

Flickr

Cara membuat telur balado:

  • Rebus telur hingga matang.
  • Setelah telur matang, kupas kulitnya lalu goreng telur hingga berwarna coklat keemasan.
  • Buat sambal balado dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, cabai merah besar (jika tidak suka terlalu pedas, Mak bisa buang bijinya), tomat, dan terasi yang sudah dibakar.
  • Jangan lupa tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa.
  • Bumbu yang telah dihaluskan tadi ditumis hingga harum.
  • Tambahkan daun jeruk.
  • Tambahkan sedikit air, aduk rata, dan masak hingga mendidih.
  • Masukkan telur yang sudah digoreng tadi ke dalam bumbu.
  • Masak hingga air agak menyusut dan bumbu meresap pada telur.
  • Telur balado pun siap disajikan

  1. Telur Sambal Ijo

Selain telur balado, telur sambal ijo juga merupakan salah satu resep masakan simpel berbahan dasar telur. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat telur balado, hanya saja bahan untuk membuat sambalnya yang berbeda.

Untuk membuat telur sambal ijo, bahan yang diperlukan adalah telur, bawang putih, bawang merah, cabai hijau besar, cabai rawit hijau, lengkuas, tomat hijau, terasi, batang serai, dan daun salam.

Cara membuat telur sambal ijo :

  • Telur direbus lalu digoreng seperti pada pembuatan telur balado.
  • Haluskan bawang, cabai, tomat, dan terasi.
  • Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus hingga harum.
  • Tambahkan batang serai dan lengkuas yang sudah digeprek, serta daun salam.
  • Masukkan sedikit air, lalu beri garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.
  • Masukkan telur ke dalam bumbu, lalu aduk hingga merata.
  • Telur sambal ijo siap untuk dihidangkan.
  1. Dadar Gulung Sosis

Buat Mamak yang pengin masak cepat dan simpel, menu ini bisa jadi pilihan. Selain mudah dibuat, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat.

Telur dadar gulung

Pixabay

Cara membuat dadar gulung sosis:

  • Kocok telur yang sudah diberi garam dan merica secukupnya.
  • Tambahkan irisan daun bawang ke dalam telur.
  • Panaskan teflon yang sudah diberi minyak atau margarin dengan api kecil.
  • Tuang 2 sendok adonan telur, kemudian ratakan.
  • Taruh sosis di atas telur, gulung sosis dengan telur, lalu angkat.
  • Tuang lagi 2 sendok adonan telur dan ratakan.
  • Taruh sosis yang sudah dibalut ke atas telur di teflon, lalu digulung lagi. Lakukan secara berulang hingga adonan habis.
  • Masak hingga telur matang secara keseluruhan.
  • Dadar gulung sudah siap disajikan, Mamak bisa menyantapnya dengan menambahkan saus atau mayones.

  1. Omelet Mi (Omelette Mie)

Siapa nih yang suka banget makan mi? Pasti udah pada kenal dong sama omelet mi? Yap, omelet mi adalah perpaduan antara telur dan mi yang digoreng. Biasanya ini jadi salah satu kreasi anak kos di akhir bulan karena bahan-bahannya yang low budget, iya nggak?

Omelet mi termasuk masakan sederhana yang cocok untuk Mamak yang baru belajar masak, alias masih pemula.

Bahan yang Mak perlukan antara lain mi telur (bisa diganti dengan mi instan), telur, dan daun bawang. Mak juga bisa menambahkan bakso dan sosis ke dalam omelet.

Cara membuat omelet mie:

  • Rebus mi hingga lunak, lalu tiriskan.
  • Kocok telur dalam wadah, jangan lupa beri garam, merica, dan penyedap rasa.
  • Iris daun bawang, bakso, dan sosis, lalu tambahkan ke dalam telur.
  • Masukkan mi yang sudah direbus ke dalam telur, aduk hingga merata.
  • Panaskan teflon yang sudah diberi minyak, lalu tuang adonan mi telur ke dalam teflon.
  • Masak hingga omelet berwarna cokelat keemasan.
  • Sajikan omelet mi dengan saus. Mudah kan, Mak, cara membuatnya!
  1. Telur Bumbu Kecap

Resep masakan sederhana selanjutnya ada telur bumbu kecap. Menu ini cocok banget untuk Mamak yang suka masakan dengan cita rasa pedas manis. Tentunya masakan ini juga menggunakan telur sebagai bahan utamanya.

Cara membuat telur bumbu kecap

  • Panaskan minyak secukupnya pada wajan.
  • Goreng telur hingga matang.
  • Iris bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah dan cabai
  • Tumis bawang hingga harum, lalu tambahkan irisan cabai dan tomat, kecap manis, air, garam, dan merica.
  • Aduk rata hingga tomat dan cabai layu. Kemudian masukkan telur goreng, aduk hingga merata.
  • Telur bumbu kecap siap untuk disajikan.

  1. Sup Telur

Kalau Mamak suka masakan berkuah, Mak harus coba buat masakan yang satu ini. Bahan-bahan yang Mamak perlukan adalah telur, daun bawang, bawang putih, dan tomat.

Cara membuat sup telur:

  • Iris bawang putih, daun bawang, dan tomat.
  • Tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum.
  • Masukkan irisan tomat, tumis lagi hingga matang.
  • Tambahkan air secukupnya.
  • Kocok telur, tuang ke dalam kuah saat air sudah mendidih.
  • Beri garam, kaldu, dan merica bubuk secukupnya. Sup telur siap dihidangkan!
  1. Pizza Telur

Mamak salah satu penggemar olahan roti dari Italia ini? Kalau pizza yang terbuat dari roti mungkin sudah biasa. Kali ini KawanMamak akan kasih resep membuat pizza berbahan dasar telur.

Sebelum Menyimak cara pembuatannya, siapkan dulu bahan-bahan pizza telur, antara lain: telur, sosis, bakso, paprika, bawang bombai, dan keju mozarella.

Mamak juga bisa mengganti bahan toppingnya dengan bahan lain yang Mak suka, misalnya kornet atau daging ayam suwir.

Telur Pizza

Piqsels

Cara membuat pizza telur:

  • Campurkan telur, garam, dan merica, lalu kocok hingga merata.
  • Panaskan wajan dengan api kecil, lalu tuang adonan telur dan ratakan.
  • Sebelum telur mengeras, tambahkan irisan sosis, bakso, paprika, dan bawang bombai ke atas telur.
  • Pada saat memasak, sebaiknya menggunakan api yang sedang-kecil, agar telur matang merata. Jangan lupa tutup teflon saat memasak telurnya.
  • Setelah mengeras, balik telur, lalu masak hingga bagian bawahnya matang. Balik lagi telur, taburkan parutan keju mozarella di
  • Masak sebentar, hingga keju meleleh lalu angkat.
  • Sajikan pizza telur di atas piring, lalu tambahkan saus dan mayones di Voila, pizza telur siap untuk dinikmati!

Itulah resep masakan simpel berbahan dasar telur, untuk pemula yang dapat Mamak coba sambil belajar masak di rumah. Jangan ditunda-tunda, praktikkan segera ya, Mak!

Featured image :Photo by Vaishnav Chogale on Unsplash

Leave a Comment