Resep Telur Asin Aneka Rasa

| |

Perempuan itu identik dengan makanan, benar kan, Mak? Baik sebagai pembuat maupun penikmat. Tapi bukan berarti yang boleh berurusan dengan makanan cuma perempuan. Siapa saja boleh, termasuk berurusan dengan resep telur asin aneka rasa yang akan kita bahas berikut ini!

Telur asin umumnya terbuat dari telur bebek. Karena telur bebek memiliki kelebihan dari telur ayam pada cangkangnya. Cangkang telur bebek lebih tebal dan memiliki lubang pori lebih besar daripada telur ayam.

Kedua faktor itu menyebabkan telur bebek lebih mudah dijadikan telur asin daripada telur ayam. Meski demikian, tidak semua telur asin yang Mamak temukan di pasaran merupakan olahan telur bebek.

Cara membedakannya mudah, Mamak bisa melihat dari ukurannya. Jelas telur bebek lebih besar dan agak bulat, beda dengan telur ayam yang cenderung lonjong serta lebih kecil.

Jika sudah telanjur dibeli, Mamak akan mendapatkan rasa telur asin dari telur ayam kurang asin, sebab larutan telur asin tidak masuk hingga ke inti telur karena pori telur ayam tidak sebesar telur bebek. Teksturnya juga berbeda dengan telur bebek, lebih halus dan tidak masir.

Ulasan di atas hanya perkara telur asin biasa, walaupun secara umum telur asin dari telur bebek lebih unggul daripada telur ayam, Mamak bebas memilih jika memang lebih suka telur asin dari telur ayam. Di sini KawanMamak akan memberi alternatif rasa selain telur asin original yang biasa Mamak nikmati.

Berikut resep telur asin aneka rasa yang bisa Mamak praktikkan di rumah, untuk sajian keluarga tercinta.

Cara Membuat Telur Asin Berbumbu

resep telur asin berbumbu
flickr

Umumnya telur asin yang ada di pasaran merupakan telur asin biasa, yakni telur bebek atau ayam yang diolah sedemikian rupa dengan garam hingga menghasilkan telur asin.

Untuk menghasilkan telur asin dengan rasa spesial sesuai selera, Mamak bisa membuat sendiri di rumah, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk bisnis rumahan. Caranya tidak terlalu sulit kok, Mak!

Siapkan telur yang sudah dicuci bersih. Gosok pelan dengan spons agar pori telur terbuka, sehingga mudah menyerap bumbu. Sisihkan telur, larutkan garam dengan air rebusan. Untuk 1 kg telur, dibutuhkan 250 gr garam.

Sambil menunggu garam larut dan suhu airnya turun, Mamak siapkan bumbu yang diinginkan untuk membuat telur asin berbumbu. Takar dengan baik antara bumbu dengan jumlah telur yang akan diolah.

Jika air garam sudah tidak panas lagi, masukkan bumbu, lalu aduk hingga rata. Kemudian masukkan telur bersih ke sebuah wadah, tuang air garam dan bumbu secara perlahan. Simpan telur-telur tersebut setidaknya hingga 10 hari.

Pada hari ke-11, coba Mamak rebus beberapa telur (dalam jumlah sedikit). Gunakan bumbu yang sama untuk memperkuat rasa, ditambah sedikit gula dalam air rebusan.

Jika cita rasa dari telur tersebut dirasa tepat, maka seluruh telur sudah optimal menyerap bumbu yang dibuat. Sehingga telur siap untuk direbus dan disajikan. Jika belum, Mamak bisa menambah durasi perendaman telur hingga beberapa hari ke depan.

Selain telur asin berbumbu, cara yang sama juga bisa digunakan untuk resep telur asin pedas (tentu dengan menambahkan lebih banyak cabai), resep telur asin rempah (dengan bumbu yang lebih banyak rempah semisal merica, jahe, dsb), atau resep lain kreasi Mamak sendiri.

Resep Telur Asin Rasa Balado

resep telur asin balado
pexels

Selain resep telur asin aneka rasa di atas, masih ada cara lain yang cukup berbeda. Misalnya Mamak ingin membuat telur asin rasa balado, tapi dibuat dari telur asin original. Diambil contoh demikian, karena belakangan perisa balado sangat populer di masyarakat.

Caranya, Mamak buat telur asin biasa hanya menggunakan garam. Atau jika ingin yang praktis, beli saja telur asin mentah (belum direbus/dikukus) yang banyak tersedia di pasar tradisional maupun swalayan.

Sebelum dimasak, Mamak siapkan alat suntik yang bersih (bukan bekas pakai) dan bubuk balado. Cairkan bubuk balado (atau rasa lain yang diinginkan), isikan ke dalam tabung suntik.

Suntikkan bumbu balado ke dalam telur dengan hati-hati. Kemudian bekas suntikan ditutup menggunakan tusuk gigi yang sudah dipotong agar tidak terlalu panjang. Terakhir, rebus/kukus telur asin beberapa butir sekaligus.

Umumnya proses merebus telur asin dilakukan selama 1 jam bahkan lebih. Tapi jika telur yang Mamak rebus tidak terlalu banyak, cukup lakukan sekira 15 menit dalam wadah tertutup. Setelah api dimatikan, jangan buka tutupnya untuk menahan sisa panas.

Resep telur asin aneka rasa siap diuji kenikmatannya! Jadi Mamak mau mulai buat yang mana? Telur asin berbumbu atau telur asin balado? Yang mana saja bebas. Beli saja juga oke, tinggal hap!

Tidak suka telur bebek? Resep Telur Ayam Ada di Sini, Mak!

Previous

Cara Mudah Membuat Slime dari Bahan Murah di Dapur

Atasi Wajah Berminyak dan Kusam dengan Cara Ini

Next

1 thought on “Resep Telur Asin Aneka Rasa”

Leave a Comment