Mamak Cantik

Rokok Membuat Bibir Hitam, Ini Alasannya!

Seperti yang sudah Mamak ketahui, rokok membuat bibir hitam. Tapi itu hanya satu dari sekian banyak alasan Mak tidak perlu mengisap barang beracun tersebut.

Tak main-main, Mak. Ada lebih dari 100 kandungan racun di dalam sebatang rokok yang mampu memengaruhi hampir semua organ tubuh.

Berbagai penyakit, dari yang ringan sampai terberat, merupakan risiko yang harus diterima perokok yang memilih meneruskan kebiaasannya.

Zat yang terkandung di dalam rokok membuat bibir hitam dan napas tidak sedap. Tar, zat-zat kimia, serta panas dari bakaran rokok adalah penyebab utamanya.

Berbeda dengan penyakit berat akibat rokok yang harus ditangani secara serius, bibir hitam akibat rokok bisa diatasi dengan cara alami dan mudah. Walau tidak bisa langsung terlihat hasilnya sebelum beberapa waktu. Berikut pemaparannya.

Penyebab Bibir Perokok Menghitam

rokok membuat bibir hitam

pixabay

Gampang sekali membedakan bibir perokok dan bukan perokok. Selain dari warna kehitamannya, bibir perokok juga cenderung terlihat lebih kering.

Adalah nikotin dan benzyprene yang diduga membuat bibir perokok berwarna kehitaman. Nikotin adalah kandungan racun utama di dalam rokok. Racun ini memengaruhi pigmen pada bibir.

Bibir kita memiliki lapisan kulit luar yang tipis, nyaris transparan serta sangat sensitif. Karena itu efek nikotin pada pigmen bibir terlihat sangat jelas berupa warna hitam yang kusam.

Zat racun lainnya adalah benzyprene. Jenis racun ini berpengaruh pada kondisi bibir yang kering, kusam, dan aroma napas perokok yang tidak sedap. Benzyprene memiliki rumus kimia C20H12. Bersifat sangat karsinogen (menyebabkan kanker) dan merupakan pemicu terjadinya kanker kulit, nasofaring, dan paru-paru.

Ironisnya, bukan hanya perokok aktif yang bisa merasakan efek benzyprene tapi juga perokok pasif. Bahkan kans perokok pasif sangat besar mengingat 70% racun rokok dihirup oleh mereka.

Bezyprene dihasilkan dari pembakaran pada suhu 350o dan 600oC. Selain menghitamkan bibir, zat kimia beracun ini juga bisa menyebabkan ruam kulit, kutil dan iritasi.

Cara Mengembalikan Warna Alami Bibir Bagi Perokok

rokok membuat bibir hitam

pxhere

Seperti dipaparkan di atas, menghilangkan efek kehitaman di bibir akibat rokok relatif mudah. Selain itu bisa menggunakan bahan-bahan alami juga. tidak perlu khawatir karena Mamak tetap bisa tampil kece dengan bibir sehat.

Namun perlu diingat bahwa walaupun menghilangkan warna kehitaman di bibir sangat mudah, langkah paling tepat adalah dengan berhenti merokok.

Minyak Almond untuk Bibir yang Terlihat Lebih Sehat

Selain bagus untuk kesehatan, ternyata minyak almond juga bisa mengembalikan warna bibir yang menghitam akibat rokok. Cukup oleskan minyak almond ke bibir Mamak setiap malam. Gampang, kan? Kandungan vitamin dan zat gizi alami di dalamnya membantu membuat bibir lebih sehat dan cerah.

Madu dan Jeruk Nipis

Sebenarnya madu saja sudah cukup untuk menghilangkan warna hitam dan kusam di bibir akibat rokok. Tapi kalau dicampurkan dengan jeruk nipis tentu lebih baik lagi. Satu sendok teh madu dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis dioleskan ke bibir setiap malam sebelum tidur. Selain menghilangkan noda hitam, campuran ini juga efektif untuk mengobati bibir yang pecah-pecah.

Madu kaya akan antioksidan, berbagai vitamin dan bersifat antiseptic. Sementara jeruk nipis mengandung vitamin C dosis tinggi. Perpaduan keduanya akan membantu menjadikan bibir lebih sehat. Bukan hanya menghilangkan warna hitamnya, tapi juga mengobati bibir kering yang sering dialami para perokok.

Sudah Pernah Mencoba Daun Ketumbar?

Ketumbar adalah bumbu dapur yang biasa dipakai untuk membuat bacem, makanan khas Jawa. Bentuknya bulat kecil-kecil seperti merica dengan aroma yang khas. Jika ketumbar adalah bumbu dapur, maka daunnya adalah obat tradisional.

Haluskan lima lembar daun ketumbar lalu balurkan ke bibir. Diamkan lima belas menit, lalu bilas. Mamak bisa melakukannya  setiap malam sebelum tidur untuk hasil yang lebih cepat.

Butter atau Mentega dari Dapur

Butter berasal dari lemak hewan, berbeda dengan margarin yang  berasal dari lemak nabati (kelapa sawit). Mengoleskan butter secara teratur ke bibir yang menghitam dapat membantu mengembalikan warna alami bibir. Butter secara alami mengandung vitamin B, E, dan D, zat yang dapat membantu merawat bibir.

Air Mawar Segar

Air mawar biasa digunakan sebagai toner setelah mencuci wajah. Bisa juga untuk mengencerkan masker dan lulur. Nah, ternyata manfaatnya di bidang kecantikan bukan itu saja. dengan mengoleskan air mawar di bibir sesering mungkin, warna merah alami bibir akan kembali. Tidak perlu khawatir, karena air mawar ini alami, jadi bisa dipakai berkali-kali.

Oleskan air mawar di permukaan bibir Mamak kapan saja. Jika sudah mongering, oleskan kembali. Mamak bisa menggunakan kapas untuk mengaplikasikannya dengan mudah.

Minyak Zaitun yang Multifungsi

Minyak zaitun adalah salah satu minyak multifungsi yang sekarang lebih mudah ditemukan. Untuk kesehatan, minyak zaitun murni bisa diminum. Gunanya untuk memperkuat jantung, menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, dll.

Sedangkan untuk kecantikan, zaitun bisa dioleskan di bagian kulit sebagai pengganti body lotion. Minyak zaitun juga bisa menghilangkan jerawat, mencegah kulit kering, dll. Nah, jika bibir Mamak menghitam akibat rokok, Mamak bisa mengoleskan zaitun agar warna alaminya kembali.

Usahakan memakai zaitun murni ya, bukan yang telah dicampur dengan pewangi. Memang aroma zaitun murni agak enek bagi beberapa orang, tapi khasiatnya lebih mumpuni dibandingkan yang sudah diberi macam-macam campuran.

Mamak bisa memakai minyak zaitun kapan saja. Jika sudah kering, oles kembali bibir Mamak. Minyak zaitun juga akan berfungsi sebagai lip balm yang akan membuat bibir lembab dan kenyal.

Kebiasaan Lain Penyebab Bibir Hitam

rokok membuat bibir hitam

Photo by Joyce Romero on Unsplash

Mudah sekali bukan, mengatasi bibir kusam dan hitam akibat merokok? Bahan-bahannya mudah didapat, caranya juga sederhana. Ternyata selain akibat racun di dalam rokok, seringkali bibir menghitam juga diakibatkan oleh kebiasaan lain para perokok. Misalnya:

Minuman Beralkohol

Alkohol bersifat asam dan memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh. Dehidrasi tadi menyebabkan bibir kering, kusam, dan menghitam.

Minuman Tinggi Kafein

Seperti halnya alkohol, minuman berkafein juga bisa memicu asam lambung. Juga bersifat diuretik atau memicu keluarnya lebih banyak air seni. Sifat diuretic ini yang memicu terjadinya dehidrasi. Sebagai akibat dehidrasi tersebut, bibir menjadi kusam kehitaman.

Hiperpigmentasi

Orang dengan kulit gelap biasanya memiliki bibir yang berwarna gelap pula. Atau jika sering beraktivitas di bawah terik matahari, kita juga bisa memiliki bibir yang menghitam. Hal ini karena tingginya kadar melanin pada kulit. Jangan khawatir, hal ini bukan kondisi yang berbahaya, kok. Hanya memengaruhi penampilan saja.

Efek buruk rokok jauh lebih berbahaya dari sekadar bibir yang kusam. Jika rokok membuat bibir hitam, bayangkan saja apa yang bisa dilakukan benda lintingan kecil tersebut pada paru-paru, tenggorokan, dan organ tubuh lainnya.

Oleh sebab itu, selain mengaplikasikan cara menghilangkan warna hitam di bibir seperti paparan di atas, cara paling efektif sebenarnya dapat Mamak lakukan. Yaitu berhenti merokok dan mulai menjalankan pola hidup sehat.

Bukan hanya bibir saja yang akan menjadi lebih sehat, tubuh Mamak pun secara keseluruhan akan lebih fit. Ingat ya, Mak, rokok membuat bibir hitam bukanlah mitos!

Leave a Comment