Masakan Mamak

Semur Telur Puyuh, Lauk Sehat yang Disukai Anak-anak

Telur Puyuh merupakan salah satu bahan makanan yang sering diolah menjadi berbagai macam masakan. Telur puyuh bisa dijadikan sebagai bahan utama masakan ataupun hanya dijadikan sebagai pelengkap.

Telur puyuh berasal dari burung puyuh. Ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan telur ayam. Uniknya, cangkang telur puyuh memiliki warna putih atau cokelat dengan corak bintik-bintik hitam.

Selain mudah didapat, telur puyuh juga dijual dengan harga yang relatif murah. Meski harganya murah, telur puyuh memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu olahan telur puyuh yang sering ditemui adalah semur telur puyuh. Semur sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki kuah berwarna cokelat pekat dari kecap manis dan bahan lainnya.

Manfaat Telur Puyuh

Semur Telur Puyuh

WinNetNews

Telur puyuh cukup banyak diminati di kalangan masyarakat. Selain harganya yang murah, telur puyuh juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk Mamak yang memiliki alergi terhadap telur ayam, Mamak bisa menggunakan telur puyuh sebagai bahan pengganti.

Kandungan nutrisi yang cukup tinggi dalam telur puyuh menjadikan telur puyuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi telur puyuh.

  1. Mengatasi Batuk dan Asma

Telur puyuh mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, telur puyuh juga mengandung selenium dan tinggi vitamin A. Oleh karena itu, telur puyuh bermanfaat untuk mengobati sakit pada saluran pernafasan

  1. Mencegah Penyakit Kronis

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi di dalam telur puyuh mampu mencegah timbulnya penyakit kronis dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh

  1. Mengobati Alergi dan Peradangan

Telur puyuh mengandung zat ovomucoid yang berfungsi sebagai anti alergi secara alami. Telur puyuh juga mampu mengobati peradangan atau sistem tubuh yang berjalan tidak lancar

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Telur puyuh mampu membersihkan darah dari racun dan logam berat yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, telur puyuh juga mampu meningkatkan kemurnian darah, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan kinerja otak.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin B yang terkandung dalam telur puyuh akan meningkatkan fungsi hormon tubuh dan juga enzimatik dalam tubuh. Hal ini menyebabkan meningkatnya metabolisme tubuh

  1. Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Darah

Kandungan zat besi yang tinggi di dalam telur mampu meningkatkan kadar hemoglobin pada tubuh. Oleh karena itu, telur puyuh sangat dianjurkan untuk para penderita anemia

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung di dalam telur puyuh berperan penting bagi kesehatan mata.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan potasium yang tinggi dalam telur puyuh dapat membantu meredakan ketegangan pada arteri dan pembuluh darah

Membuat Semur Telur Puyuh Sederhana

Semur Telur Puyuh

cookpad

Mungkin Mamak sudah tidak asing lagi dengan olahan semur daging kan? Nah, bagaimana jika bahan utama dalam membuat semur kita ganti dengan telur puyuh? Ada yang sudah pernah mencobanya? Nah, berikut ini KawanMamak akan membagikan resep membuat semur telur puyuh sederhana yang bisa Mamak coba di rumah.

Cara Membuat Semur Telur Puyuh

  • Siapkan bahan- bahannya, terutama telur puyuh sebagai bahan utama.
  • Rebus telur puyuh hingga matang.
  • Angkat dan tiriskan telur puyuh, lalu kupas.
  • Agar kulit telur mudah mengelupas, sebaiknya rendam telur pada air dingin setelah diangkat dari rebusan.
  • Jika Mamak merasa repot, Mamak juga bisa membeli telur puyuh rebus yang tersedia di pasar maupun supermarket.
  • Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan jahe hingga harum.
  • Masukkan telur puyuh yang sudah dikupas dan tahu yang sudah dipotong- Tahu bersifat opsional, Mamak boleh tidak menggunakannya atau menggantinya dengan bahan lain seperti potongan kentang.
  • Tambahkan daun bawang, garam, gula, merica bubuk, dan kecap manis secukupnya.
  • Beri tambahan potongan cabai sesuai selera, dan kaldu ayam secukupnya.
  • Tambahkan sedikit air, lalu masak hingga mendidih, matang, dan bumbu meresap.
  • Angkat semur yang sudah matang, lalu sajikan.
  • Semur paling nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih hangat.

Tips Memilih Telur Puyuh yang Baik

Sebelum membuat olahan dari telur puyuh, tentunya Mamak harus memastikan bahwa telur yang Mamak gunakan adalah telur segar. Pada umumnya, kita mendapatkan telur dengan cara membeli telur di pasar ataupun supermarket. Artinya, kita tidak mengetahui secara pasti sudah berapa lama telur disimpan sejak pertama kali dihasilkan.

Semakin lama telur disimpan, maka tingkat kesegaran telur pun semakin menurun. Oleh karena itu, kita harus pandai memilih telur yang masih segar agar meningkatkan cita rasa masakan, serta telur bisa disimpan sebagai persediaan untuk jangka waktu tertentu.

Berikut ini ada beberapa tips memilih telur puyuh yang masih segar:

  1. Pilihlah telur yang masih utuh

Saat membeli telur, pastikan cangkang telur dalam keadaan mulus dan tidak terasa ada bekas retakan. Retak pada telur menyebabkan isi telur terpapar udara luar yang mengakibatkan telur sudah tidak lagi higienis. Telur yang seperti ini rentan mengalami kebusukan.

  1. Jangan memilih telur yang berbau

Telur yang mengeluarkan bau menandakan kebocoran pada cangkangnya. Biasanya hal ini terjadi karena adanya retakan halus yang menyebabkan adanya paparan udara luar yang menyebabkan pembusukan

  1. Pilihlah telur yang bobotnya sesuai dengan ukurannya

Bobot telur bisa menandakan tingkat kesegaran telur. Jika bobot telur lebih ringan dibanding bobot telur pada umumnya, menandakan bahwa telur sudah tidak lagi segar. Hal ini juga bisa dibuktikan dengan cara merendam telur dalam air.

Telur yang tenggelam menandakan kondisi telur masih segar, sedangkan telur yang mengapung menandakan telur sudah tidak segar lagi.

Tips Menyimpan Telur Puyuh

Jika Mamak termasuk orang yang suka mengonsumsi telur puyuh atau memiliki usaha yang menggunakan telur puyuh sebagai bahan dasar, mungkin Mamak akan mempertimbangkan untuk membeli telur puyuh dalam jumlah besar.

Membeli persediaan telur puyuh dalam jumlah banyak membuat Mamak tidak perlu repot bolak-balik berbelanja setiap hari. Selain itu, jika Mamak membeli dengan jumlah banyak, Mamak akan mendapatkan harga miring, alias lebih murah dibanding membeli dalam jumlah sedikit.

Namun, Mamak juga harus tahu bagaimana cara menyimpan telur puyuh agar dapat bertahan dalam jangka waktu lama, dan telur tidak mudah busuk.

Nah, berikut ini KawanMamak akan bagikan tips bagaimana cara menyimpan telur puyuh yang baik agar kualitas telur tetap terjaga.

  1. Pastikan tempat penyimpanan telur puyuh dalam kondisi kering, tanpa tercampur bahan makanan lain ataupun bahan kimia. Usahakan agar tempat penyimpanan berbahan kayu, karton, atau bambu. Hindari tempat penyimpanan yang terdiri dari logam, seng, kaca, dan porselin.
  2. Ketika meletakkan telur, pastikan bagian yang runcing berada di bawah
  3. Tempat penyimpanan telur harus memiliki ventilasi udara yang baik. Jangan meletakkan telur di tempat yang rapat dan panas
  4. Hindari telur terkena percikan air
  5. Telur puyuh untuk konsumsi sebaiknya tidak disimpan lebih dari dua pekan.

Gitu deh, Mak, info seputar telur puyuh. Dari berbagai tips sampai resep membuat semur telur puyuh sudah KawanMamak sajikan. Semoga bermanfaat!

Fetured image : Photo by Annie Spratt on Unsplash

Leave a Comment