Anak Mamak

5 Langkah Ampuh Agar Anak Tidak Takut Gelap

Kenapa anak-anak takut gelap? Ternyata bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang takut kegelapan. Jangan-jangan Mamak termasuk nih!

Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan anak-anak takut gelap. Pertama, karena tidak biasa. Kedua, karena imajinasi yang berubah menjadi sugesti, atau sugesti yang membentuk imajinasi.

Contohnya begini, ketika Mamak menakut-nakuti anak yang bermain di malam hari, bisa diculik hantu. Maka anak-anak akan berimajinasi tentang hantu. Ketika ancaman itu diulang-ulang, itu akan membuat mereka tersugesti, sehingga imajinasinya makin seolah nyata.

Dampak Tidur dengan Lampu Menyala

Biasanya orang tua pilih membiarkan anak tidur dengan lampu menyala, daripada anak menangis dan tidak bisa tidur. Mamak tidak akan melakukan hal yang sama, jika tahu dampak buruk tidur tanpa mematikan lampu.

Selain tidur yang kurang nyenyak (hingga mengurangi kualitas tidur anak), tidur dengan lampu menyala juga dapat menyebabkan depresi, obesitas, hingga penyakit kronis lainnya.

Hiperaktif

Cahaya biru dari perangkat elektronik di sekitar orang yang tidur dapat memengaruhi otak ybs. Pada anak-anak, efek negatifnya adalah hiperaktif. Sedangkan orang dewasa bisa lebih fatal, yakni depresi.

Obesitas

National Institutes of Health memublikasikan studi tentang tidur, hasilnya kebanyakan perempuan mengalami obesitas karena tidur dengan lampu dan atau TV menyala. 17% di antaranya bahkan mengalami kenaikan berat badan 5 kg dalam setahun.

 

Cara Mengatasi Takut Gelap

lampu tidur agar tidak takut gelap

pxhere

Dikutip dari BrightSide, inilah 5 langkah yang bisa Mamak lakukan agar anak tidak takut gelap lagi.

Komunikasi Dua Arah

Jadilah teman ngobrol yang asyik untuk anak. Dengarkan ketika mereka menyampaikan alasan kenapa mereka takut gelap. Jika mereka menyebut hantu, Mamak sebaiknya tidak bilang bahwa Mamak tidak melihat hantu yang dimaksud.

Alih-alih membuat berani, Mamak justru secara tidak langsung mengatakan bahwa hantu memang nyata ada. Lebih baik Mamak menyampaikan perasaan, bahwa Mamak tau apa yang anak-anak rasakan, dan meyakinkan mereka bahwa hal buruk seharusnya tidak terlalu dipikirkan agar tidak jadi kenyataan. Sentuhan spiritual sangat membantu di sini.

Selanjutnya, jangan biarkan anak terpapar cerita-cerita fiktif yang merusak pemahaman mereka. Baik dari gadget maupun cerita orang dewasa yang umumnya dilebih-lebihkan.

Beri Pujian

Ketika anak berhasil melewati malam dengan lampu yang dimatikan, jangan lupa untuk memberikan mereka pujian. Sugesti positif dari orang tua ke anak terbukti sangat membantu anak melewati hari-harinya, bahkan hingga dewasa.

Gunakan Lampu Tidur

Ada banyak model lampu tidur lucu yang bisa Mamak dapatkan di toko dekat rumah maupun online. Jika perlu, biarkan anak memilih bentuk favorit mereka.

Atau tempelkan stiker yang bisa menyala dalam gelap di langit-langit atau dinding kamar tidur anak. Dengan lampu unik atau aneka stiker tsb, anak-anak pasti bersemangat mematikan lampu saat jam tidur tiba. Tidur nyenyak, bangun lebih semangat!

Ubah Persepsi dengan Permainan

Masih ingat permainan bayangan waktu Mamak kecil dulu? Hanya butuh ruangan yang gelap, senter, dan tangan. Ditambah imajinasi tentunya!

Mamak bisa mengajak anak bermain wayang dari tangan yang dibentuk macam-macam. Ciptakan tokoh Mamak sendiri, buat kisah menarik. Bermain dalam gelap membuat anak mengubah persepsinya selama ini.

Gelap bukan suram dan mengerikan, justru dalam gelap anak bisa bermain seru dan menyenangkan bersama orang tuanya.

Trik 10 Detik

Sebelum ditakuti imajinasi abstrak pengaruh dari lingkungannya, anak-anak sebenarnya tidak takut pada gelap. Mereka awalnya hanya merasa tidak nyaman terhadap perubahan suasana terang yang tiba-tiba menjadi gelap.

Mamak bisa lakukan trik ini untuk membuat anak lebih nyaman terhadap perubahan terang ke gelap. Sebelum mematikan lampu, minta anak menutup kedua matanya. Jangan buka mata sebelum diminta.

Matikan lampu, lalu letakkan tangan Mamak di depan mata anak yang masih tertutup. Ajak anak menghitung hingga 10. Setelah itu, minta anak membuka mata, dan angkat tangan Mamak. Anak akan lebih nyaman dengan perubahan yang terasa lebih perlahan.

Anak takut gelap itu biasa, yang penting mereka punya Mamak yang luar biasa!

Leave a Comment