Mamak Cantik

Atasi Wajah Berminyak dan Kusam dengan Cara Ini

Salah satu masalah perempuan Indonesia adalah wajah berminyak dan kusam. Mamak termasuk yang mengalaminya? Bukan hanya mengganggu penampilan, wajah berminyak juga kadang bikin tidak nyaman ya, Mak.

Terutama di area T, wajah berminyak hampir selalu disertai munculnya komedo yang membuat kulit terasa gatal, bahkan beraroma tidak enak. Jangan dibiarkan Mak, yuk simak solusinya di sini!

Penyebab Wajah Kusam dan Berminyak

Sebelum mencari tahu cara mengatasi wajah berminyak dan kusam, perlu kita ketahui dulu apa penyebabnya. Jika belum terjadi, Mamak bisa menghindarinya. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati.

Atau jika sudah telanjur terjadi, Mamak bisa mengurangi efek dengan mengurangi faktor penyebabnya. Dikutip dari SehatQ, berikut beberapa hal yang menyebabkan wajah menjadi kusam dan berminyak.

  1. Faktor keturunan.
  2. Kurang minum air putih.
  3. Jarang membersihkan kulit (mandi) dan jarang olahraga.
  4. Sering mengonsumsi makanan instan dan junk food.
  5. Terlalu banyak makan makanan berlemak.
  6. Beraktivitas di lingkungan yang berdebu dan polutif.
  7. Stres.
  8. Kurang tidur.

Cara Merawat Wajah Berminyak, Kusam, dan Berjerawat

merawat wajah berminyak

unsplash

Dari sekian faktor penyebab wajah kusam dan berminyak, faktor genetik (keturunan) adalah sebab yang tak terelakkan. Alih-alih mengatasi wajah berminyak, lebih tepat jika Mamak pilih merawatnya agar tidak kusam, berkomedo, dan atau berjerawat.

Perlu diketahui, minyak pada kulit manusia memiliki fungsi. Jadi sebaiknya Mamak tidak berlebihan “menguras” minyak yang ada pada wajah. Kulit hanya perlu dikontrol agak tidak berlebihan memproduksi minyak.

Inilah cara yang bisa Mamak lakukan untuk merawat wajah berminyak agar tidak kusam hingga memunculkan komedo dan jerawat.

Rutinlah Mencuci Muka.

Jika Mamak menggunakan sabun pencuci muka, pilihlah yang berlabel noncomedogenic (bebas minyak). Cukup lakukan dua kali sehari, pagi dan sore. Atau setelah melakukan aktivitas yang menyebabkan wajah terkena polusi.

Setelah mencuci muka, keringkan dengan cara yang benar. Yaitu dengan menepuk-nepuk pelan wajah, bukan menggosoknya keras-keras. Sebab mengusap wajah yang dasarnya merupakan kulit berminyak justru memicu produksi minyak lebih banyak.

Memakai Masker Alami

Wajah berminyak membuat bakteri dan debu mudah menempel. Itulah yang menyebabkan komedo dan jerawat bermunculan. Mamak bisa menggosokkan potongan timun ke wajah secara rutin setiap malam.

Atau gunakan masker alami dari tomat parut segar dan madu, diamkan selama kurang lebih 15 menit, baru dibilas bersih. Lakukan secara rutin ya, Mak, untuk mendapatkan kulit wajah segar dan tidak kusam.

Gunakan Kertas Minyak

Kertas minyak memang tidak menyelesaikan masalah kulit berminyak secara permanen. Tapi Mamak yang ditakdirkan memiliki jenis kulit berminyak, perlu membawa benda ini ketika beraktivitas di lokasi yang sekiranya membuat produksi minyak pada kulit meningkat.

Gunakan kertas minyak dengan cara menekan-nekan pelan kertas pada wajah, agar minyak terserap. Hal ini perlu dilakukan ketika Mamak berada di luar rumah, dan membutuhkan aksi singkat agar wajah tidak terlihat mengilap.

Jangan Menyentuh Wajah

Upayakan tidak menyentuh wajah untuk menghindari kuman (bakteri dan virus) yang ada di tangan berpindah ke wajah. Masih ingat kan, minyak membuat debu dan bakteri mudah menempel, dan keduanya merupakan biangnya jerawat?

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

mengatasi wajah berminyak dan kusam

unsplash

Setelah mencegah berbagai penyebab wajah berminyak dan kusam, kemudian merawat jenis kulit berminyak dengan telaten, baru Mamak bisa ke tahap mengatasi wajah berminyak.

Sekiranya dengan mencegah saja sudah mampu mengendalikan produksi minyak pada wajah, seharusnya tidak ada lagi yang perlu diatasi, kan?

Jika minyak pada wajah sudah pada tingkat sangat mengganggu, apalagi bagi Mamak yang banyak beraktivitas di luar rumah, maka cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat ini wajib Mamak praktikkan!

Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Eksfoliasi adalah upaya mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori. Mamak bisa melakukannya sendiri di rumah, menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat.

Misalnya dengan menggunakan campuran kopi, susu bubuk, gula merah, dan madu. Caranya, campurkan setengah cangkir kopi bubuk, 2 sdt susu bubuk, secangkir gula merah, dan 1 sdt madu.

Sebelum membalur campuran, pastikan wajah dan tangan Mamak sudah dicuci bersih. Gosok pelan sekira 4 menit, lalu bilas. Keringkan wajah dengan handuk lembut, lalu oleskan pelembab agar wajah tidak kering.

Eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan bahan lain. Tak hanya untuk membersihkan pori, eksfoliasi yang dilakukan secara rutin juga dapat mengecilkan ukuran lubang pori-pori.

Hidung dipenuhi komedo? Mamak bisa memanfaatkan daging tanaman lidah buaya. Cukup kupas kulitnya, lalu oleskan ke bagian wajah yang berkomedo, baik komedo hitam maupun putih.

Gunakan Toner

Face toner membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan membantu menurunkan kadar pH kulit. Pada orang dengan kulit wajah kering, tidak disarankan menggunakan astringent (sejenis toner dengan bahan alkohol).

Tapi bagi Mamak dengan wajah berminyak, astringent justru baik untuk membuat kulit sedikit agak kering. Jika minyak tidak terlalu banyak, cukup gunakan toner biasa untuk membersihkan kulit dari debu dan bekas makeup.

Lawan Stres

Mamak tentu tahu, stres adalah biang segala masalah kesehatan. Dari gangguan kesehatan yang terbilang ringan, hingga masalah kesehatan kronis. Orang jerawatan gara-gara stres, itu bukan mitos.

Saat remaja (atau mungkin sampai sekarang?) dari menjelang hingga selesai haid, biasanya perempuan mendapati wajahnya kusam sampai panen jerawat. Itu karena pengaruh hormon, yang juga bisa disebabkan oleh stres.

Sebelum Mamak mencari skincare untuk kulit berminyak dan kusam, ada baiknya mempraktikkan sekian tips di atas ya, Mak. Dari menghindari penyebabnya, merawat, hingga mengatasi kulit berminyak dan kusam.

Jika dilakukan secara rutin, hasilnya pasti akan terlihat. Bye-bye wajah berminyak dan kusam!

Leave a Comment